Topologi Fisik dan Logic

topologi fisik dan logic

Diposting pada

Topologi fisik dan logic merupakan jenis jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan Local Area Network atau LAN. Anda pasti sudah populer bukan dengan LAN? Ada banyak sekali contohnya mulai dari LAN Café, LAN Kos-kosan, maupun LAN kampus.

Saat ini jaringan LAN memanglah sangat populer di kalangan beberapa orang. Jaringan Ini saat ini digunakan untuk membuat tautan user satu bisa terhubung dengan user lain didalam sebuah jaringan. LAN sendiri memang begitu dibutuhkan dalam suatu instansi bahkan perusahaan. Ketika proses pembuatan LAN dilakukan, maka jaringan sangat penting untuk dipelajari.

Pengertian Topologi Fisik

Dalam merancang sebuah LAN, maka topologi jaringan ini penting untuk dipelajari. Ini dilakukan dalam rangkan pengintegrasian setiap komponen perangkat keras pada komputer untuk membentuk sebuah jaringan. Pada dasarnya, topologi jaringan ini memang memiliki karakteristik yang tersendiri.

  1. Terdapat node-node pada sepanjang kabel

Dalam topologi fisik, satu kabel pada kedua ujungnya akan ditutup. Sepanjang kabel tersebut akan ditemukan node-node. Ini merupakan karakteristik utama dari topologi ini.

  1. Prevevalent

Mengapa jenis topologi ini bisa dikatakan prevevalent? Hal ini dikarenakan pada topolgi ini menggunakan instalasi yang sangat sederhana.

  1. Kemungkinan terjadi collision

Collision dalam topologi fisik mungkin akan terjadi karena signal akan melewati 2 arah pada kabel.

  1. Kemungkinan seluruh jaringan bisa terhenti

Dalam jaringan ini, bisa terjadi sebuah problem yang cukup besar. Hal ini terjadi jika salah satu segmen yang terdapat pada kabel putus. Ini akan membuat semua jaringan bisa terhenti.

Baca juga : Pengertian Topologi Jaringan, Macam-Macam Topologi Jaringan

Pengertian Topologi Logic

Topologi jaringan ini berbeda dengan topologi yang telah dibahas di atas. Ini berasal dari kata logic yang merupakan gambaran dari hubungan masing-masing komputer dalam suatu jaringan. Hal ini tentu tidak bisa dilihat. Namun pastinya, hubungan tersebut bisa dirasakan dengan Anda mengalaminya.

Secara umum, topologi logic memberikan gambaran yang terjadi pada masing-masing jaringan komputer. Tentunya, gambaran tersebut dilihat dengan menggunakan logika. Topologi jaringan ini memiliki berbagai macam jenis sebagai berikut.

Ethernet

Ini merupakan jenis topologi logic yang paling sering digunakan. Metode yang digunakan adalah CSMA/CD. Sistem ini akan memperhatikan setiap komputer dalam sebuah kabel network sebelum dilakukan pengiriman data.

Token Ring

Jenis topologi ini membutuhkan sebuah jaringan bintang atau STAR. Ini dibuat dengan menggunakan kabel twisted atau juga bisa disebut dengan kabel fiber optic. Kecepatan transmisi yang bisa dilakukan bahkan mencapai 16 Mbps.

Namun, kekurangan dari topologi ring ini adalah jika terdapat sebuah gangguan pada suatu node, maka semua jaringan akan terganggu. Biaya untuk memperbaikinya pun cukup mahal.

Baca juga : Cara Membuat Topologi Jaringan

Sebelum menggunakan LAN, bekalilah diri Anda terlebih dahulu dengan berbagai macam pengetahuan tentang Topologi. Jadi, sedikit banyak Anda akan mengetahui jika suatu kali terjadi kerusakan jaringan LAN. Topologi logic maupun fisik memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan berperan dalam sebuah LAN.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *