tips belajar data science

6 Tips bagi anda yang ingin belajar dan bekerja di bidang data scince

Diposting pada

Seiring dengan berkembangnya zaman, profesi data scientist semakin banyak dibutuhkan, bukan hanya di perusahaan besar seperti google amazon dll. sekarang juga sudah banyak perusahaan non it yang memerlukan profesi ini.

mereka semua paham akan pentingnya data dan ilmu data science sehingga mereke berlomba lomba mendapatkan penghasilan lebih dengan meng hire data scientist.

gaji data scientist

tapi yang terjadi di lapangan, profesi ini masih sangat sepi peminat, terbukti dengan gaji mereka yang paling tinggi diantara gaji pekerjaan lain dibidang IT.

banyak sekali orang yang ingin belajar data science namun mereka bingung harus memulainya dari mana. oleh karena itu sekarang anaktik.com akan memberikan tips bagi anda yang ingin belajar dan bekerja di bidang data science

1.Tentukan Bidang yang mau dituju

banyak sekali pekerjaan yang berhubungan dengan data science. Contohnya :

  • Data Analyst
  • Data Engineer
  • Machine Learning Engineer
  • Data Scientist General
  • AI Engineer

kenalilah masing masing pekerjaannya sseperti keuntungan dan kelebihannya , job desknya, range gaji dll (semakin tinggi gaji maka semakin tinggi juga tanggung jawabnya).

setelah itu tentukanlah bidang mana yang ingin kamu dalami dan buatlah dirimu sendiri termotivasi menekuni bidang tersebut, karena sangat sulit belajar jika kita tidak memiliki motivasi.

baca : 6 skill yang anda butuhkan untuk menjadi data scientist

2.Ikuti Kursus dan Selesaikan

Sekarang setelah Kamu memutuskan Bidang apa yang ingin kamu ambil, Kamu harus mengetahui lebih dalam tentang peran yang kamu ambil, apa saja yang harus dipelajari dan lain sebagainya.Setelah itu mulailah belajar. Permintaan pasar akan Data Scientist sangatlah besar itu berbanding lurus dengan banyaknya jasa yang menawarkan pelatihan untuk profesi ini.

ada ribuan kursus dan studi di luar sana yang siap untuk mengajarkan Anda, Anda dapat mempelajari apa pun yang Anda inginkan. Mencari bahan yang akan dipelajari tidak sulit, tapi anda akan tetap tidak mengerti bila tidak mencobanya.

Ketika Anda mengambil kursus / course,carilah yang sangat sesuai dengan bidang yang ingin anda tuju. serta kerjakanlah segala sesuatu yang ditugaskan oleh instruktur anda.

Misalnya, jika Anda ingin menjadi seorang machine learning engineer, anda dapat mengambil kelas machine learning with Andrew Ng. Sekarang Anda harus rajin mengikuti semua materi kursus yang disediakan dalam kursus tersebut. Ini juga berarti mengerjakan semua tugas yang diberikan, karena semuanya percuma bila anda hanya membeli kursus tersebut lalu next and next hingga kursusnya berakhir. salah satu course data science terbaik bisa kamu cari di udemy

3.Pilih fokus tools/ bahasa pemrogrman utama

tips belajar data science

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, penting bagi Anda untuk mendapatkan pengalaman dari setiap tutorial yang diberikan hingga tutorial terakhir. pertanyaan yang sering muncul berikutnya adalah, bahasa apa yang sebaiknya saya pelajari? atau tools apa yang sebaiknya saya gunakan? mana yang lebih baik?

Ini mungkin pertanyaan yang paling populer diminta oleh pemula. Jawaban yang paling mudah adalah dengan memilih salah satu tools dan bahasa lalu mulailah mencoba, karena dengan mencoba kamu bisa mengetahui mana tools dan bahasa yang terbaik untuk kamu.

selengkapnya kamu bisa baca : 14 tools data science terbaik

4.Fokus pada praktek dan bukan hanya teori

Saat menjalani kursus dan pelatihan, Anda harus fokus pada praktek dari hal-hal yang Anda pelajari. Ini akan membantu Anda tidak hanya memahami konsep tetapi juga memberi Anda perasaan yang lebih dalam bagaimana hal itu akan diterapkan dalam kenyataan.

Beberapa tips yang harus Anda lakukan ketika mengikuti kursus:

  • Pastikan Anda melakukan semua latihan dan tugas untuk memahami aplikasi.
  • Bekerja pada beberapa dataset berbeda dengan menerapkan teknik yang sama seperti yang diajarkan. hal ini bisa membuka pikiran anda jika sebelumnya anda tidak mengerti maksud dan tujuan tutorial tersebut.
  • Lihatlah masalah yang anda dilapangan, lalu lakukan analisis buatan anda sendiri. ini akan mengasah skill anda dalam bidang intuisi data dan inilah skill yang sangat dicari di era big data

baca : apa itu big data

5.Latih skill public speaking anda

public speaking for data science

banyak orang yang menganggap remeh skill ini dan akhirnya mereka ditolak dari perkerjaan. mereka berfikir bahwa jika mereka ahli dalam bidang data science, mereka akan mudah mendapatkan pekerjaan. Ini sebenarnya sebuah mitos. Bahkan kalaupun anda mendapatkan kesempatan wawancara, anda akan ditolak karena skill komunikasi anda kurang baik.

Cobalah salah satu dari kegiatan ini; Kumpulkanlah semua temanmu yang memiliki skill komunikasi yang baik dan suruhlah mereka mendengarkan anda menjelaskan insight dari suatu data setelah itu mintalah umpan balik yang jujur.

keterampilan komunikasi bahkan lebih penting ketika Anda bekerja di lapangan. Karena sesungguhnya informasi yang anda dapatkan dari sebuah data akan dikonsumsi oleh petinggi perusahaan. dan anda harus mempresentasikannya di depan mereka, jika skill komunikasi anda kurang baik, apakah mereka akan mengerti tentang apa yang anda sampaikan?

6.Carilah Relasi atau Partner

tips belajar atau bekerja data science : carilah relasi

Selama masa belajar yang sangat menguras tenaga. pasti akan ada satu titik dimana anda akan merasa sangat bosan dan berfikir lebih baik saya menyerah saja.

oleh karena itu penting untuk anda menjalin hubungan antar penggiat data science lainnya agar anda ada teman untuk berbagi, Anda dapat menghadiri acara industri dan konferensi, meetup di daerah Anda, berpartisipasi dalam hackathon di daerah Anda – bahkan jika skill anda masih cetek. Anda tidak pernah tahu siapa, kapan dan di mana teman teman anda tersebut akan membantu Anda!

Bahkan, relasi tersebut akan sangat menguntungkan ketika anda akan terjun ke dalam industri data science. Anda dapat bertemu orang-orang di daerah Anda yang aktif bekerja, yang memberikan Anda kesempatan untuk membangun jaringan dan membangun hubungan dengan mereka yang pada akhirnya akan membantu Anda memajukan karir Anda.

keuntungan yang anda dapat jika anda membangun relasi yang baik di komunitas: *

  • Memberikan Anda informasi orang dalam tentang apa yang terjadi di bidang yang anda minati
  • Membantu Anda mendapatkan bimbingan dukungan
  • Membantu Anda menemukan pekerjaan, ini bisa menjadi masalah mencari pekerjaan melalui prospek pekerjaan atau peluang yang mungkin secara langsung.

itulah tips yang saya bisa bagi untuk anda yang ingin bekerja di bidang data sciece, sampai jumpa.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *