pengertian sql dan sejarahnya

Apa itu SQL Sejarah, fungsi serta contoh sintaksnya

Diposting pada

Apa itu SQL Sejarah, fungsi serta contoh sintaksnya – kali ini anatik.com akan membahas tentang salah satu bahasa pemrograman yang sudah cukup populer, yaitu SQL. jadi langsung saja kita mulai

Apa Itu SQL

Structure query Language (SQL) adalah salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan sebagai bahasa untama mengoperasikan Relational Database Management System (RDBMS) seperti mysql, oracle DB dan SQLITE.

SQL atau yang sering dieja sequel diciptakan oleh dua orang yang bernama Donald D. Chamberline dan Raymond F.Boyce.

SQL sendiri memiliki bahasa yang sangat mudah dibaca dan dipelajari oleh pemula karena sangat mirip dengan bahasa inggris, inilah yang menyebabkan SQL menjadi bahasa yang sangat populer dan banyak digunakan.

Sejarah SQL

Sejarah SQL dimulai pada saat tahun 1969 dimana seorang peneliti bernama Dr. Edgar F. Codd membuat paper tentang teori Relational Database untuk pertama kalinya.

Dr Codd pun merancang sebuah bahasa yang dinamakan DSL/Alpha yang dapat digunakan untuk melakukan manajemen data dalam database relasional.

berdasarkan rancangan tersebut, IBM pun mencoba untuk membuat prototype sederhana DSL/Alpha yang dinamakan SQUARE.

pada tahun 1970 2 orang peneliti IBM yang bernama Donald D. Chamberlin dan Raymond F. Boyce mengembangkan SQUARE lebih lanjut dan mengubah namanya menjadi SEQUEL (Structure English Query Language).

SEQUEL pun digunakan pertama kali untuk mengoperasikan RDBMS pertama buatan IBM yaitu System R.tak lama kemudian SEQUEL pun berganti nama menjadi SQL karena masalah hak dagang.

ditahun yang sama, perusahaan Relational Software (sekarang bernama Oracle Corp). mengembangkan sendiri bahasa SQL untuk produk RDBMS mereka yaitu Oracle V2 dan berhasil dirilis pada tahun 1979.ini sekaligus menjadi Oracle V2 menjadi RDBMS Komersial pertama yang menggunakan SQL.

melihat kesuksesan Oracle, banyak perusahaan software yang akhirnya membuat RDBMS mereka sendiri menggunakan SQL, namun karena banyaknya perbedaan penerapan antara suatu aplikasi dengan aplikasi lainnya membuat user bingung untuk memahaminya.

barulah pada tahun 1986 American National Standart Institute (ANSI) membuat sebuah standarisasi untuk SQL yang dapat menseragamkan penerapan SQL antar aplikasi.

meskipun standar sudah dibuat hal itu tidak membatasi penambahan fitur sebuah aplikasi database sehingga antar aplikasi memiliki fitur serta keunggulannya masing masing..

Perintah SQL.

secara garis besar perintah penggunaan SQL dibagi menjadi 3 jenis yaitu

  • Data Definition Language (DDL)
  • Data Manipulation Language (DML)
  • Data Controll Language (DCL)

Data Description Language

Data Description Language atau DDL adalah perintah sql yang digunakan pada saat kita ingin melakukan pendefisinisian suatu struktur dalam database, hal ini meliputi table dan entitas dari suatu database. beberapa query DDL diantaranya:

  • CREATE : create digunakan untuk membuat sebuah table atau database baru, contoh sintaks: CREATE TABLE anaktik;
  • RENAME : rename digunakan untuk mengganti nama dari suatu table ataupun database contoh sintaks: RENAME TABLE anaktik TO anaktik2;
  • DROP : drop digunakan untuk menghapus / delete secara permanen table ataupun database. penggunaannya harus berhati-hati karena jika salah semua data dalam satu table akan terhapus dan tidak dapat dikembalikan, contoh sintaks : DROP TABLE anaktik;
  • ALTER : alter digunakan untuk mengubah struktur entitas dari suatu table. ini termasuk menambah, menghapus, mengganti tipe data, dll, contoh sintaks : ALTER TABLE anaktik RENAME COLUMN nama to nama2;

baca juga: cara membuat database dan table mysql

Data Manipulation Language

Data manipulation language atau DML adalah salah satu perintah mysql yang digunakan pada saat kita ingin mengolah data / record dalam table database, beberapa sintaks DML diantaranya:

  • Insert : insert digunakan untuk menambahkan data baru ke dalam database, contoh sintaks : INSERT INTO USER values (‘rifaldy’,12);
  • UPDATE : update digunakan untuk mengupdate / mengubah data atau record yang sebelumnya sudah ada di dalam database, contoh sintaks: UPDATE USER SET nama = “adnan” , umur = “11” where nama = “rifaldy”;
  • DELETE : delete digunakan untuk menghapus data atau record yang ada dalam database, contoh sintaks: DELETE FROM user WHERE nama=”rifaldy”;
  • SELECT : select digunakan untuk mengambil data atau record dari dalam database, contoh sintaks : SELECT * FROM user;

Data Controll Language

Data Controll Language atau DCL adalah salah satu perintah SQL yang digunakan untuk mengatur hak akses dari setiap user Database, mulai dari sebuah database hingga setiap field di dalamnya, secara garis besar, perintah DCL terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Grant : grant digunakan untuk memberikan akses database kepada user lainnya. pemberian aksesnya pun dapat diatur, seperti hanya dapat melihat, mengedit ataupun sejenisnya.
  • Revoke : revoke digunakan untuk menghapus hak akses dari suatu user database yang sebelumnya telah diberikan akses menggunakan fungsi grant

itulah beberapa hal yang dapat anaktik.com sampaikan mengenai Structure query language

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *