Signal analog dan signal digital

Signal analog dan signal digital

Diposting pada

Sudahkah Anda pernah mendengar tentang sinyal analog dan sinyal digital selama ini? Ini merupakan sebuah sinyal data yang merupakan bentuk gelombang secara berkelanjutan. Tanda ini akan membawa informasi dengan cara mengubah dari karakteristik gelombang tersebut. Isyarat yang dikeluarkan oleh sinyal ini adalah dalam bentuk gelombang sinus.

Dua sinyal ini yaitu analog dan digital memiliki perbedaan masing-masing. Cara kerjanya juga cukup berbeda. Kedua tanda ini erat kaitannya dalam hal komunikasi dan teknologi. Adanya kedua sinyal tersebut membuat teknologi dan komunikasi menjadi lebih maju dan memudahkan umat manusia.

Pengertian Sinyal Analog

Sinyal ini diperoleh dari jangkauan transmisi pada data yang bisa mencapai jarak yang cukup jauh. Meskipun demikian, sinyal ini sangat mudah terpengaruh oleh adanya noise. Karena bentuk gelombangnya terdapat beberapa variasi antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Amplitudo

Bagian dari sinyal analog ini merupakan ukuran dari tinggi rendahnya suatu tegangan dari jenis sinyal ini.

  1. Phase

Ini adalah besar sudut dari sebuah sinyal untuk saat tertentu

  1. Frekuensi

Ini merupakan jumlah gelombang dalam hitungan detik

Sinyal analog ini memiliki berbagai macam kelebihan. Potensinya berjumlah tidak terbatas jika dibandingkan dengan sinyal lainnya. Selain itu, sinyal ini menggunakan pengolahan data yang lebih sederhana dan prosesnya bisa dilakukan secara langsung.

Meskipun demikian, jenis sinyal ini pun memiliki berbagai macam kelemahan. Salah satunya adalah tidak bisa mengukur dengan lebih teliti. Hal ini dikarenakan kemampuannya yang konsisten dalam merekam terus terjadi.

Pengertian Sinyal Digital

Yang dimaksud dengan sinyal ini adalah sebuah sinyal dari hasil teknologi yang bisa mengubah signal menjadi kombinasi bilangan. Dengan demikian, hal ini tidak mudah terpengaruh oleh sinyal suara. Isyarat yang dihasilkan oleh jenis sinyal ini disebut dengan nama diskret.

Ada beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh sinyal digital. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Informasi bisa dikirimkan dengan lebih cepat

Informasi yang dikirimkan melalui jenis sinyal ini sangat cepat. Bahkan, kecepatan yang dihasilkan mencapai kecepatan cahaya.

  1. Bisa digunakan selama berulang-ulang

Informasi yang bisa didapatkan menggunakan jenis sinyal ini bisa digunakan selama berulang-ulang. Meskipun demikian, ini tidak akan mempengaruhi kualitas serta kuantitas informasi tersebut.

  1. Informasi yang didapatkan cukup besar

Sinyal digital juga bisa memberikan informasi dan memprosesnya dalam jumlah yang sangat besar. Selain itu, proses pengiriman bisa dilakukan secara interaktif.

  1. Biaya lebih rendah

Biaya yang ditawarkan oleh signal ini cukup rendah. Dan juga, reability atau keandalan nya pun akan lebih baik dengan selalu konsumsi daya yang cenderung lebih rendah.

  1. Informasi bisa dimodifikasi dalam beragam bentuk

Informasi yang didapatkan melalui sinyal ini nantinya bisa diubah dalam berbagai macam bentuk. Ini akan memudahkan setiap penggunanya dalam menggunakan sesuai dengan keperluannya

Baca Juga : pengertian baseband dan broadband beserta contohnya

Kedua sinyal di atas baik digital maupun analog memiliki kegunaan dan kelebihannya masing-masing. Semuanya memiliki kegunaan dan keistimewaannya tersendiri. Anda bisa menggunakan signal digital maupun analog sesuai dengan kebutuhan.

0
Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *