Topologi jaringan

Pengertian Topologi Jaringan, Macam-Macam Topologi Jaringan

Diposting pada

Pada saat kita akan membuat sebuah jaringan komputer, sudah pasti keberadaan macam-macam topologi jaringan itu harus ada. Itu merupakan komponen yang paling penting. Jenisnya memang tidak hanya satu, akan tetapi memiliki berbagai macam dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Hal itu juga tidak bisa dianggap remeh karena sangat erat kaitannya.

Karena pada dasarnya, semua dasar atau unsur penyusunannya memiliki hubungan geometris yang saling terikat. Bisa dibilang pengertian topologi jaringan yang diartikan secara sederhana adalah sarana penghubung antara satu komputer dengan komputer lainnya. Cara menghubungkannya pun bisa dengan kabel atau bahkan tanpa kabel.

Bagi yang mungkin belum begitu paham dengan kedua hal tersebut baik pengertian atau macam-macamnya, kami akan menjelaskan kepada Anda lebih jauh tentang topologi. Ini sangat penting bagi yang sedang mempelajari seluk beluk dunia komputer. anda juga bisa mebaca artikel lainya Urutan Warna Kabel LAN Straight, Cross dan Roll-over

Pengertian Topologi Jaringan Menurut 3 Ahli Indonesia

Di negeri ini, memang sudah memiliki banyak programmer handal yang sudah tidak diragukan lagi akan kemampuannya. Bila ditanya mengenai pengertian topologi jaringan, mereka memiliki pendapat masing-masing yang bisa dipertanggung jawabkan.

Maka, kami memilih 3 ahli programmer handal dari Indonesia, mengenao pendapat mereka tentang topologi jaringan. Berikut adalah penjelasannya :

  1. Umi Proboyekti

Menurut beliau, topologi merupakan komputer yang terpisah-pisah tapi bisa bergabung dalam mengerjakan tugasnya.

  1. Budhi Irawan

Sementara itu, beliau berpendapat bahwa ini merupukan kumpulan komputer dan beberapa perangkat lainnya yang bertugas menuju tujuan sama.

  1. Kristanto

Beliau berpendapat mengenai hal tersebut, bahwa ini adalah jaringan komputer otonom yang telah terhubung satu sama lain.

Macam-Macam Topologi Jaringan yang Kita Kenal

Bila sudah tahu pengertiannya, sekarang beralih mengenal beberapa macam dari topologi jaringan itu sendiri. Jangan salah, jaringan ini memiliki jenis berbeda-beda. Semuanya menghadirkan fungsi, keunggulan dan kekurangan tidak sama.

Bagi yang belum pernah mempelajari tentang hal ini, berikut adalah beberapa macamnyadan wajib anda ketahui saat belajar program komputer :

  1. Ring = jenis atau tipe dengan bentuk melingkar
  2. Bus = sambungan paling sederhana dan berbasis kabel coaxial
  3. Star = bentuknya menyerupai bintang dan biasanya menggunakan hub untuk koneksi antar client
  4. Mesh = komputer terhubung secara langsung dan biasanya menggunakan kabel tunggal
  5. Tree = kita kenal juga dengan tipe pohon karena digabungkan dari jenis bus dan star.
  6. Peer To Peer = mempunyai pengertian sambungan yang sederhana karena hanya membutuhkan satu kabel untuk dapat menghubungkan dua komputer.
  7. Linier = jenis sambungan runtut yang menggunakan satu kabel saja.
  8. Hybrid = menggabungkan beberapa jenis topologi untuk membentuk sebuah jaringan baru.

Baca juga : Cara Transfer File Lewat Kabel LAN Windows 10

Memahami semua materi ini memang harus dengan sabar. Belum lagi, ketika Anda sudah mulai mempraktikkannya pada komputer, pemasangannya perlu konsentrasi penuh karena ada macam-macam topologi jaringan dengan berbagai kegunaannya, itulah artikel anaktik.com bagikan semoga bermamfaat

0
Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *