pengertian sistem terdistribusi

Diposting pada

Pengertian system terdistribusi adalah sebuah metode dimana pengoperasiannya menggunakan jaringan komputer. Di era modern seperti sekarang, hampir setiap pekerjaan pasti berhubungan dengan penggunaan komputer dan internet. Hal ini akan sangat menunjang pekerjaan agar menjadi lebih mudah dan cepat.

Komponen yang ada pada jaringan komputer yang telah terdistribusi akan saling berkomunikasi. Koordinasi bahkan cukup bisa dilakukan menggunakan pengiriman pesan saja. Dalam hal ini, saluran komunikasi biasanya dilakukan menggunakan jaringan LAN atau yang dikenal dengan nama Local Area Networking.

Tujuan Penggunaan Sistem Terdistribusi

Penggunaan system ini rupanya sangat erat kaitannya dengan berbagai kegiatan perkantoran yang ada di era modern. Pengertian system terdistribusi bahkan sudah banyak dipelajari untuk meningkatkan kinerja. Sebenarnya, apa tujuan dari metode ini?

  1. Membuat otonomi local

Salah satu tujuan dari penggunaan system ini adalah untuk membuat otonomi local. Otonomi local dalam hal ini dilakukan dalam sebuah komputasi untuk pemakai local. Jadi, semuanya akan terhubung dengan lebih mudah.

  1. Membuat penggunanya lebih produktif

Tujuan lain dengan memahami pengertian system terdistribusi adalah untuk membuat pengguna menjadi lebih produktif. Teknik dan bahasa yang digunakan biasanya sudah akrab dan sering digunakan oleh para penggunanya. Dengan demikian, ini akan memberikan hasil kerja yang lebih produktif.

  1. Membuat user local bisa mengakses data jarak jauh dengan mudah

Penggunaan dari metode ini juga bisa memudahkan para user local untuk bisa melakukan akses pada sumber data yang letaknya jauh. Akses yang bisa dijangkau bahkan termasuk akses data dan program.

  1. Membuat pekerjaan tidak terbatas jarak dan waktu

Dengan memahami pengertian system terdistribusi, Anda akan menyadari bahwa pekerjaan yang dihadapi bahkan tidak terbatas ruang dan waktu. Anda bisa menggunakan jaringan komputer dengan lebih mudah sehingga membuat jarak seolah tidak ada lagi.

Baca Juga : pengertian baseband dan broadband beserta contohnya

Mengapa Menggunakan Sistem Terdistribusi?

System terdistribusi ternyata sangat diperlukan di era modern ini. Hal ini dikarenakan metode ini memiliki fitur untuk melakukan distribusi autonomous secara geographical menggunakan koneksi kabel maupun wireless. Dengan demikian ini memungkinkan Anda untuk saling berkomunikasi meskipun memiliki jarak yang jauh dengan sumber daya lain.

Pengertian system terdistribusi ini harus dipahami agar Anda bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sistem ini bisa digunakan untuk menekan biaya serta meningkatkan ketersediaan data dengan lebih mudah. Sistem terdistribusi ini sangat penting untuk membuat kinerja suatu kantor maupun organisasi menjadi lebih efisien.

Contohnya saja, ketika seorang nasabah dari suatu bank mengalami masalah tentang ATM nya. Kebetulan saja ATM nya tertelan ketika sedang mengambil uang. Padahal, ATM yang dibuatnya tersebut bukan dibuat di daerah asalnya. Lantas, bagaimana cara ia mengurusnya di tempat asalnya tersebut?

Nah, dengan adanya system yang telah terdistribusi, maka orang tersebut tetap bisa mengurus ATM nya di tempat tinggal meskipun memiliki ATM yang dibuat di daerah lain. Ini merupakan hal yang sangat efektif. Jadi, nasabah dan pihak pun tidak sama-sama direpotkan karena hal tersebut.

Contoh dari system yang terdistribusi adalah menggunakan jaringan internet. Biasanya, jaringan komputer akan terhubung secara global. Hal ini akan saling berhubungan dan pengguna bisa melakukan komunikasi menggunakan IP atau Internet Protocol. Jadi, internet ini merupakan salah satu contoh model dari system yang telah terdistribusi dengan skala terbesar.

Baca Juga : Cara Transfer File Lewat Kabel LAN Di Windows 10

Ada lagi contoh lain yaitu Intranet. Contoh dari system ini adalah LAN seperti LAN Kantor, LAN Kampus, LAN kos-kosan dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan metode ini, maka semua hal bisa dilakukan dengan lebih mudah. Maka, jangan enggan untuk memahami pengertian system terdistribusi untuk bisa menggunakannya dalam kehidupan.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *