pengertin sqlite

Diposting pada

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian SQlite yang memiliki banyak keunggulan seperti sangat stabil, cepat dan menggunakan sistem WAL sehingga mudah dikelola. SQlite bukan tentang sebuah sistem mandiri yang berkomunikasi dengan sebuah program tapi sebagai bagian integral dari sebuah program.

Sehingga nantinya protokol komunikasi utama yang digunakan adalah melalui pemanggil api secara langsung dengan bahasa pemograman bahkan dapat mereduksi overhead, latency time menjadi lebih sederhana. Nantinya seluruh elemen basis data seperti definisi data, tabel dan indeks akan disimpan sebagai sebuah file.

Jadi pengertian SQlite adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional bersifat acid compliant yang ditulis dalam bahasa C, selain itu juga memiliki ukuran pustaka kode relatif kecil dan merupakan proyek bersifat public domain. Proyek ini dikerjakan oleh D. Ricard Hipp kemudian dirilis perdana pada Agustus 2000.

Penggunaan SQLite

SQLite banyak digunakan untuk membuat aplikasi ataupun alat yang memerlukan penyimpanan data tanpa harus terkoneksi internet.

contoh dari penggunaan SQLite dapat dilihat di DVD Player, MP3 Player, Game ponsel, Aplikasi android,dll. Untuk aplikasi android sendiri kamu bisa menginstall SQLite di dalam aplikasimu saat sedang melakukan pengkodean di android studio ataupun aplikasi lainnya, selain itu kamu juga bisa menggunakan SQLite untuk database aplikasi WEB.

Baca Juga : Pengertian SQL Server fitur serta kelebihan & kekurangan

Mengenal Fitur-fiturnya

Sistem manajemen yang satu ini bahkan menerapkan hampir seluruh elemen-elemen standar yang berlaku pada SQL-93, mulai dari transaksi bersifat atomic, konsistensi basis data, durabilitas atau yang sering disebut ACID, isolasi, query-query kompleks dan trigger, tak heran sering digunakan oleh programer.

Untuk sebuah kolom bertipe integer maka tidak ada pengecekan tipe sehingga data bisa di entri atau di input dalam bentuk string sehingga beberapa orang menilai hal tersebut adalah inovasi karena menambah nilai guna dari sebuah basis data. Misalnya seperti saat digunakan dalam bahasa pemograman berbasis script seperti PHP atau perl.

Setelah tahu pengertian SQlite, sangat menarik jika membahas kelebihan dan kekurangannya. Meskipun beberapa pihak menganggapnya sebagai kelebihan tapi ada pula yang melihat hal tersebut sebagai kekurangan. Beberapa proses atau thread bisa berjalan secara bersamaan bahkan bisa mengakses data tanpa mengalami masalah.

Ketika sebuah tabel temporal dibuat maka mekanisme penguncian pada proses multithread sebenarnya bisa saja menyebabkan masalah namun kabarnya hal tersebut sudah diperbaiki dan tidak lagi mengalami kendala. Sehingga sanggat membantu mengingat bisa didapatkan secara gratis bahkan tidak membutuhkan server.

Penjelasan Secara Detail

Pengertian SQlite Lebih detail atau versi gampangnya adalah sebuah mesin database.sql yang tertanam pada sistem, jadi protokol komunikasi utamanya melalui pemanggilan api secara langsung. SQlite sendiri bisa digunakan di Windows phone, Android, iPhone, PHP, krom dan masih banyak lainnya.

Sistem manajemen yang satu ini bahkan bisa digunakan untuk menyimpan konfigurasi seperti history, bookmark dan cache, sedangkan padamu file biasanya digunakan Kan seperti kontak, database atau tabel. Bisa dikatakan juga sebagai produk public domain yang artinya tidak memiliki lisensi.

Selain pengertian SQlite, anda perlu tahu bahwa anda boleh mengambil binary atau source codenya secara gratis, bahkan anda bisa membuat software dengan lisensi sesuka anda. Boleh mengopen-source atau mengkomersilkan, karena tipe data yang didukung SQ lite adalah numerik, text, datatimem dan BLOB.

Baca juga : Apa itu Oracle Database , sejarah ,kekurangan & kelebihan

Keunggulan FB lite lainnya adalah bisa mendukung semua platform Jadi andapun bebas memilih OS seperti Windows, Linux, Mac OSX hingga Android dan iPhone. Tools yang cukup populer adalah SQlite manager dimana pengertian SQlite manager adalah plugin Firefox.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *