pengertian sql server

Pengertian SQL Server fitur serta kelebihan & kekurangan

Diposting pada

Pengertian SQL Server , fitur serta kelebihan & kekurangannya – menaljutkan pembahasan kita kemarin tentang pengertian RDBMS, kali ini anaktik.com akan membahas salah satu jenis dari RDBMS tersebut, yaitu SQL Server, langsung saja kita mulai.

Pengertian SQL Server

SQL Server adalah salah satu Relational Database Manajemen System buatan Microsoft yang difokuskan untuk melakukan manajemen transkasi data client server.

SQL Server munggunakan Structure Query Language (SQL) sebagai bahsa utama mengoperasikan database.

SQL Server sendiri sangat jarang digunakan, hal itu karena ia hanya mendukung sistem operasi windows saja, serta hanya dapat mendukung satu bahasa dukungan, yaitu .NET.

Selain itu SQL Server sendiri memiliki harga yang cukup mahal jika dibandingkan RDBMS lainnya seperti Mysql ataupun SQLite

Apa itu RDBMS

Rdbms adalah salah satu jenis database manajemen system yang memungkinkan kita mengidentifikasi ataupun memanipulasi data berdasarkan hubungan relasi antar tablenya.

RDBMS adalah salah satu jenis DBMS yang paling populer, pertama kali RDBMS ditemukan oleh Edgar F. Codd pada tahun 1969 dan berhasil menjadi salah satu DBMS yang paling efisien.

Fitur SQL SERVER

SQL Memiliki segudang fitur yang membuatnya lebih unggul dibanding para pesaingnya, beberapa diantaranya:

  • SQL Server mendukung persistent memori (PMEM).Hal ini memuungkinkan SQL Server untuk langsung mengakses sumber data dengan cara melewati data yang tidak diperlukan.
  • SQL Server menyediakan fitur indexing dan column store yang lebih baik sehingga dapat meringankan beban memori pada saat terjadi pemuatan data secara besar-besaran
  • SQL Server dapat menjalankan hingga 5 synchronous replica dan kelimanya dapat secara otomatis menangani failover
  • SQL Server dapat mengatur koneksi internet client server dengan baik dan mengarahkan user secara otomatis ke replica skunder
  • SQL Server mengguanakn secure enclave technology, sehingga keamanan data server dapat terjaga dengan baik
  • SQL Server dapat di integrasikan dengan Microsoft Azure dan secara otomatis akan memberikan keamanan lebih dari serangan hacker.

kelebihan SQL Server

  • SQL Server memiliki keamanan hyang bisa dibilang lebih baik jika dibandingkan dengan RDBMS lainnya
  • kamu dapat menginstall dan menkonfigurasi SQL Server dengan sangat mudah dan tidak perlu memakan waktu banyak
  • SQL Server memiliki beberapa fitur untuk mengoptimalkan penyimpanan data sehingga data yang disimpan secara otomatis akan disesuaikan tempatnya agar mudah diakses dikemudian hari
  • SQL Server memiliki fitur auto backup, jadi jika sewaktu waktu terjadi kerusakan pada sistem memori kamu dapat langsung merestored data tersebut.

Kelemahan SQL Server

  • SQL server memiliki harga yang cukup mahal dan tidak memiliki versi gratis, jadi jika anda ingin mencoba menggunakannya anda harus mengeuarkan kocek yang cukup dalam.
  • SQL Server berfokus pada penggunaan bahasa pemrograman .NET sehingga jika anda menggunakan SQL Server untuk bahasa lainnya siap -siap menghadapi kesulitan
  • SQL Server memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi tinggi untuk menjalankannya sehingga hampir mustahil jika anda menjalankannya di laptop.
  • SQL Server memiliki komunitas dan forum tanya jawab yang sedikit, sehingga bisa dikatakan tidak cocok untuk orang pemula yang baru pertama kali belajar database.

Kesimpulan

SQL Server adalah salah satu RDBMS yang memiliki sistem keamanan serta manajemen memori yang sangat baik, namun hal tersebut harus dibayar dengan harga jual yang tinggi serta sistem spesifikasi yang mempuni untik menjalankannya. selain itu RDBMS ini juga hanya mensupport satu bahasa pemrograman yaitu .NET

itulah beberapa hal yang dapat anaktik.com sampaikan mengenai SQL Server, sampai jumpa di artikel selanjutnya

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *