pengertian sisco

Pengertian Sisco

Diposting pada

Sudahkah Anda mengetahui pengertian Sisco/ Cisco dalam bidang jaringan? Pengertian secara Sederhananya adalah sistem inilah yang digunakan untuk mengatur semua lalu lintas data agar dapat meneruskan paket data dari satu LAN ke LAN yang lainnya. Sehingga dengan adanya komponen ini memungkinkan informasi bisa diteruskan ke alamat-alamat yang lokasinya berjauhan maupun berada di jaringan komputer berbeda.

Sisco dilengkapi dengan Central Processing Unit (CPU) agar dapat mempercepat pemrosesan data. Sehingga paket data yang diterima bisa sampai ke tujuannya tanpa terlambat. Karena CPU bekerja layaknya seperti komputer yang mana bisa melakukan pemrosesan data dengan cepat.

Disini kami akan memberikan informasi seputar pengertian Sisco lengkap beserta teknologi dan fungsinya. Cisco mempunyai beberapa jenis teknologi dengan fungsi berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak secara lengkap disini

Baca juga : pengertian kabel LAN, fungsi, jenis serta cara membuatnya

Beberapa Jenis Tentang Teknologi Sisco

Setelah mengetahui pengertian Sisco, ketahui juga beberapa jenis teknologi Sisco yang ada saat ini, berikut diantaranya:

1. Cisco Internetwork Operating System (IOS)

Cisco menyediakan fitur yang berguna untuk mengoptimalkan pengoperasian jaringan, salah satunya teknologi Internetwork Operating System Apa yang biasa kita sebut iOS.

2. Fitur Cisco Digital Network Architecture (DNA)

Di era modern sekarang ini, Cisco menyediakan alat perangkat lunak yang dapat memungkinkan para pengguna untuk dapat bergerak dengan kecepatan digital yang maksimal. Hal tersebut bisa pdiwujudkan melalui layanan Cisco DNA Suite.

4. Software-Defined Access (SD-Access)

Teknologi Sisco yang satu ini memungkinkan pemangkasan waktu dimana biasanya membutuhkan resolusi minggu atau bulan, tapi disini bisa dikurangi menjadi hanya dalam hitungan jam. Karena dalam pengoperasiannya SD Access bekerja dengan cara menyederhanakan akses jaringan.

Baca Juga : Urutan Warna Kabel LAN Straight, Cross dan Roll-over

Bagian-Bagian Router Cisco dan Fungsinya

Sesuai dengan pengertian Sisco seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa sistem ini bertujuan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Selain pengertian sisco, ketahui juga bagian-bagian router Cisco dan fungsinya berikut ini:

  1. RAM: berguna sebagai tempat penyimpanan konfigurasi yang sedang berjalan, menangani fast-switichung cache, sebagai penyimpanan routing table, menangani paket buffer, menyediakan memori hingga mengelola antrian paket. Perangkat ini mempunyai prinsip kerja di mana semua yang sudah disimpan akan hilang semua ketika sistem kehilangan sumber daya.
  2. NVRAM (Non Volatile RAM): Mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan konfigurasi start up sehingga tidak akan hilang meskipun router kehilangan power.
  3. Flash Memory: sebagai memori yang bisa digunakan untuk penyimpanan berbagai versi software, bahkan meskipun router kehilangan power maka isinya tidak akan hilang.
  4. ROM: digunakan untuk penyimpanan bootstrap system dalam mengatur dan menjalankan POST dan IOS Image.
  5. Interface: sebagai komponen eksternal dalam suatu router.

baca Juga : Pengertian Microtik dan fungsi Microtik

Dari penjelasan mengenai pengertian Sisco di atas, perlu diketahui bahwa komponen jaringan tersebut merupakan buatan dari sebuah perusahaan teknologi jaringan. Cisco sendiri dinobatkan sebagai produk teknologi informasi terbaik di dunia, terutama untuk perangkat keras jaringan, sistem dan telekomunikasinya. Sudah tahu bukan tentang apa itu pengertian Sisco?

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *