Pengertian Rubygbr

Pengertian Ruby

Diposting pada

Untuk anda yang sedang mencari pengertian Ruby, bahasa pemrograman satu ini adalah programming language bersifat dinamis yang berorientasi pada obyek dengan basis skrip yang rumit. Pengertian Ruby ini sendiri merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sudah banyak digunakan di era modern sekarang ini. 

Salah satu tujuan dari penggunaan bahasa pemrograman ruby ini adalah untuk mengkombinasikan berbagai skrip bahasa pemrograman yang ada saat ini. Secara umum, jenis bahasa satu ini ditulis dengan C programming menggunakan basic Phyton dan Perl.

Sejarah Bahasa Pemrograman Ruby

Setelah kita mempelajari pengertian ruby, sangat penting bagi anda untuk memahami sejarahnya. Dikutip dari berbagai sumber, Ruby ini pertama kali dikembangkan oleh seorang pria asal Jepang bernama Yukihiro Matsumoto. Dia pertama kali mengembangkan bahasa pemrograman satu ini pada tahun 1993 lalu. 

Landasan pembuatannya adalah untuk mendukung terciptanya object programming seperti yang kita nikmati saat ini. Perancangan versi alpha dari bahasa satu ini dimulai pada bulan Februari 1993 oleh Yukihiro dan selesai pada bulan Desember 1994. Rubi kemudian disempurnakan oleh Yukihiro pada akhir bulan Desember 1996 dan mulai diperkenalkan pada dunia.

Kelebihan Bahasa Pemrograman Ruby

Ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman satu ini. Tentunya berbagai kelebihan ini akan memudahkan anda dalam merancang sebuah sistem pada komputer. Kelebihan yang pertama adalah kode sintaksnya yang sangat sederhana.

Tak hanya itu saja, ternyata Ruby ini juga dilengkapi dengan exception handling akurat dan diakui oleh banyak programmer. Belum lagi dengan single inheritance concept yang dimilikinya. Hal ini juga disempurnakan dengan bahasa Ruby yang memiliki sifat Opensource. 

Jadi siapapun yang membutuhkan, bisa menggunakannya dengan gratis. Untuk anda yang hanya ingin mengetahui pengertian ruby saja, jauh lebih baik kalau anda mempelajarinya secara mendalam. Implementasi dari Ruby ini sendiri sangatlah banyak.

Implementasi Ruby di Era Modern

Di era modern ini ada banyak sekali implementasi ruby yang diterapkan oleh para programmer. Salah satu yang paling populer adalah JRuby. Jenis ruby satu ini merupakan hasil implementasi dari dasar ruby yang kemudian dijalankan pada jenis Java Virtual Machine atau JVM. Penggunanya cukup banyak saat ini.

Selain JRuby, ada juga Rubinius yang merupakan implementasi dari bahasa Ruby lainnya. Sangat penting bagi anda untuk memahami pengertian Ruby satu ini. Rubinius biasanya dijalankan pada jenis mesin LLVM. Biasanya Rubinius dikombinasikan dengan Rubymotion yang biasa digunakan pada perangkat android.

Jenis Ruby yang terakhir adalah Crystal. Namun ada sebagian orang yang beranggapan kalau Crystal ini bukan implementasi dari Ruby. Padahal jika kita melihat syntaks, dua jenis bahasa pemrograman ini sama persis dengan Ruby.

Tentunya banyak hal menarik lain yang bisa anda pelajari tentang Ruby. Namun beberapa pembahasan dasar rubi di atas diharapkan bisa memenuhi sedikit rasa penasaran anda terkait pengertian ruby yang sedang anda cari.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *