Pengertian PHP dan Fungsinya

Pengertian PHP dan Fungsinya

Diposting pada

Jika anda sedang mempelajari atau mencari tahu mengenai pengertian PHP dan fungsinya maka anda berada pada artikel yang tepat. Kami akan mengulasnya secara detail karena dalam pengembangannya PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang memang wajib dipelajari terutama untuk anda yang bergelut di dunia IT.

Kenapa wajib dipelajari, pemrograman ini mampu membuat website menjadi lebih dinamis. Apalagi jika anda seorang programer pemula maka sebaiknya benar-benar mengerti tentang bahasa pemograman yang satu ini. Agar lebih detail, anda perlu tahu bagaimana pengertian dan fungsi-fungsinya seperti ulasan berikut!

Pengertian Tentang PHP

Pengertian PHP adalah sebuah bahasa pemrograman server side scripting yang bersifat open source dan sudah banyak digunakan dalam pengembangan website karena menjalankan intruksi pemograman saat sedang proses runtime. Nantinya hasil dari intruksi akan berbeda tergantung pada data yang diproses dan itulah mengapa pemrograman ini lebih sering digunakan.

Biasanya PHP sering digunakan sebagai pemrograman untuk membangun website seperti toko online. Karena hal tersebut memang merupakan bahasa pemrograman server side dimana pada script dari PHP nantinya akan diproses langsung di server seperti Apache, nginx dan juga pada litespeed. Selain itu juga bersifat open source jadi para pengguna bebas memodifikasinya.

Untuk para penggunanya benar-benar dapat mengembangkan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing, bahkan juga memiliki kemampuan untuk coding yang baik. Tidak hanya untuk membangun situs secara pribadi, perkembangannya yang benar-benar pesat lebih dari 78% website di seluruh dunia semuanya lebih memilih menggunakan bahasa pemrograman tersebut.

Selain membahas pengertian PHP dan fungsinya, Anda juga perlu tahu contoh kodenya. Antara lain adalah HTML, CSS, JavaScript dan gabungan, sedangkan penulisan kode kode PHP terbagi menjadi dua yaitu native dengan perancangan sebuah website dimulai dari nol dan framework dengan memanfaatkan kerangka yang sudah jadi.

Baca Juga : Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web dengan PHP Dan Mysql

Bagaimana dengan Fungsinya?

Sebenarnya dari pengertian diatas maka anda pun bisa mengetahui fungsi PHP, tentu saja fungsi utamanya adalah membuat atau mengembangkan situs website statis atau situs website dinamis bahkan aplikasi web. meskipun sebenarnya tidak hanya php yang bisa digunakan untuk membuat website tersebut

PHP digunakan karena sama seperti pembahasan diatas, bisa membuat sebuah website lebih dinamis terutama dalam menyimpan data pada database. Bahkan bisa membuat halaman berubah-ubah sesuai dengan input user. Saat membuat file maka bisa digabung menggunakan tab HTML sehingga banyak yang penasaran mengenai pengertian PHP dan fungsinya.

Kami ambil contoh, ketika anda ingin membuat list dari nomor 1 sampai nomor 10 jika menggunakan HTML murni, anda hanya bisa membuatnya secara manual dan tentu saja membuang-buang waktu. Anda perlu mengcopy paste sebanyak 10 kali namun jika menambah list menjadi 100/1000 Tentu saja tidak akan efektif dan melelahkan.

Baca Juga : Cara Install dan Konfigurasi Software PHP Apache dan MySQL

Sedangkan ketika anda menggunakan PHP, semua menjadi lebih simple karena anda tinggal membuat perulangan for sebanyak 1000 kali dengan perintah yang lebih singkat dibanding HTML murni yang lebih rumit. Masih banyak fungsi lainnya dari PHP seperti menginput data ke database, menghasilkan gambar hingga mengkonversi halaman teks menjadi PDF.

Bahkan juga bisa memanajemen cookie dan session, sehingga para programmer memang lebih condong menggunakannya karena memiliki fungsi yang beragam. Jadi setelah mengetahui pengertian PHP dan fungsinya Tentu saja Anda tahu Bagaimana keunggulannya saat mengelola sebuat website.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *