pengertian Microtik dan fungsi microtik

Pengertian Microtik dan fungsi Microtik

Diposting pada

Apa pengertian Microtik dan apa saja fungsinya dalam sistem operasi? Sederhananya, mikrotik adalah sistem operasi Linux base di mana komponen ini biasanya digunakan pada jaringan router. Mikrotik mempunyai sistem administrasi yang dapat digunakan pada Winbox atau Windows Application. Instalasinya juga bisa menggunakan  Standard Computer.

Perangkat komputer yang menggunakan router mikrotik ini biasanya tidak membutuhkan sumber daya atau resource yang besar dalam pengoperasiannya. Karena dalam penerapannya biasanya hanya untuk satu fungsi saja, misalnya sebagai gateway. Namun pengguna sebaiknya menggunakan router mikrotik yang memadai agar kinerjanya lancar dan tidak terganggu.

Mari kita mengenal lebih jauh tentang mikrotik, jenis-jenis dan fungsinya. Berikut kami akan berikan ringkasan singkat tentang mikrotik yang bisa menambah wawasan anda.

Baca juga : Cara Transfer File Lewat Kabel LAN Di Windows 10

Pengertian Microtik

Pengertian microtik secara umum adalah sistem perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan sebuah komputer sebagai router network yang punya kemampuan mumpuni atau handal. Di dalamnya bisa mencakup banyak program unggulan seperti hotspot, provider warnet, serta jaringan wireless.

Dalam penggunaannya, atau beberapa fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan melalui mikrotik diantaranya SNMP, Web Proxy, Caching DNS Client, Firewall dan NAT, Ipsec, UpnP, MNDP, Routing dan Static Routing serta masih banyak fitur lainnya. Saat ini mikrotik dimanfaatkan sebagai sistem operasi yang sederhana dan ringan dalam penggunaannya.

Setidaknya ada dua jenis fungsi microtik yang perlu Anda ketahui dan paling sering digunakan, diantaranya:

  1. Mikrotik RouterOS

Sistem operasi mikrotik yang menjadi akan fitur seperti firewall, router, bridge, hotspot, proxy server serta masih banyak lainnya. Banyak yang memilih untuk menggunakan jenis mikrotik ini karena lebih mudah dalam pengaturannya.

  1. Routerboard

Merupakan perangkat jaringan yang dikembangkan oleh perusahaan mikrotik dan diinstal dalam sistem operasi RouterOS. Ukurannya cukup kecil dan praktis dalam penggunaannya. Terdiri dari beberapa komponen seperti processor, memori flash, ROM dan RAM.

Fungsi Microtik

Setelah mengetahui definisinya, lalu sebenarnya apa saja fungsi microtik? Ada beberapa fungsi yang sangat penting dari perangkat jaringan ini, diantaranya sebagai berikut:

  1. Dapat difungsikan untuk memblokir situs-situs dengan muatan konten yang dilarang undang-undang. Sehingga dalam penggunaannya komponen ini bisa menjadi program yang dapat mendukung internet positif untuk memblokir konten tidak sesuai.
  2. Microtic dapat digunakan untuk mengkonfigurasikan dan mengatur LAN
  3. Dapat digunakan untuk mengatur jaringan internet secara terpusat sehingga administrator bisa melakukan pengolahan data.
  4. Mikrotik juga bisa difungsikan untuk membagi bandwidth pada setiap jaringan serta untuk billing hotspot yang mudah melakukan konfigurasi.
  5. Dapat memisahkan bandwidth lokal dan traffic internasional.

Baca Juga : Pengertian Topologi Jaringan, Macam-Macam Topologi Jaringan

Lebih jauh tentang mikrotic tentu ada banyak hal detail lainnya yang mungkin tidak bisa dijabarkan secara lengkap disini. Terlebih dengan berbagai fungsi microtik yang bisa dimanfaatkan dalam dunia jaringan dan pemrograman yang tentunya berguna untuk memudahkan berbagai pekerjaan.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *