pengertian JavaScript beserta contohnya

Pengertian Javascript Beserta Contohnya

Diposting pada

Memahami pengertian JavaScript beserta contohnya menjadi salah satu hal yang patut dipahami. Pasalnya, ketika menggunakan internet pasti Anda akan sering mendengar kata ini. Istilah atau kata ini menjadi salah satu istilah yang cukup penting dalam dunia pemrograman komputer.

Pasalnya, istilah tersebut sangat diperlukan untuk dunia bahasa pemrograman. Bahkan, kerap kali digunakan untuk pembuatan situs website. Walaupun begitu, hal patut dipahami adalah terdapat banyak bahasa untuk program komputer seperti PHP, ASP, Ruby, dan lainnya.

Baca Juga : Belajar React Js 01: Mengenal Arrow Function pada Javascript

Pengertian Javascript yang Patut Dipahami dalam Dunia Pemrograman

Ketika mendengar kalimat pengertian JavaScript beserta contohnya, tentunya Anda akan langsung berpikir mengenai dunia program komputer. Dimana, hal tersebut menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan dalam kurun waktu kurang lebih 20 tahun. Bahkan, JavaScript dikenal menjadi first language program bagi web developer.

Pasalnya, Java Script memungkinkan untuk menyempurnakan tampilan sekaligus sistem halaman di website dengan mudah dipelajari dan digunakan untuk tujuan tertentu. Program tersebut juga dapat dengan mudah digunakan untuk mengaktifkan permainan atau games berbasis website. Tentunya, pengguna juga akan lebih mudah memperoleh ribuan template.

Baca Juga : Belajar React Js 02: perbedaan var,let,const pada Javascript ES6

Cara Kerja Java Script dan Keuntungannya

Berbeda dengan jenis bahasa lainnya, Java Script atau JS memiliki sifat client side. Sehingga, proses JS akan dilakukan secara langsung oleh pengunjung website. Sehingga, pengguna hanya perlu mengirimkan request atau keinginan. Selanjutnya, akan dipproses secara langsung melalui peramban website.

Ketika menggunakannya, maka akan didapatkan berbagai keuntungan. Pertama adalah pengguna akan lebih mudah untuk menggunakannya. Pasalnya, JS berfokus terhadap engineering. Bahkan, terdapat banyak informasi yang akan membahas mengenai JS.

Baca juga : Belajar React Js 00: Apa itu ReactJs,Jsx dan ES6

Keuntungan lain yang di dapat adalah JS sangatlah ringan untuk digunakan. Pasalnya, hal ini dikarenakan program tersebut berbasis client side. Sehingga, server hanya akan memproses HTTP berdasarkan request. Hal tersebut tentunya berbeda dengan bahasa program lainnya berbasis sisi server. Pasalnya, server akan menerima request dari peramban ke miliknya.

Setelah itu, request akan diproses dengan hasil dikembalikan pada klien melalui peramban. Sedangkan, ketika menggunakan JS maka sisi klien akan mendapatkan 2 langkah saja yaitu proses dan respon. Sehingga, sangat ringan dan mempercepat proses pemrograman.

Contoh Kode Program JavaScript

Jika Anda masih bingung mengenai pengertian JavaScript beserta contohnya, akan lebih baik jika melihat langsung contoh kode tersebut. Pada gambar pertama dapat dibuat alert dengan klik salah satu tombol. Pilih tombol HTML yang menjadi panduan dasar pembuatan kode ini.

Disini dapat ditampilan document.getElementById(). Fungsi tersebut berguna untuk memilih DOM berdasarkan dengan ID. Dapat dilihat ID diisi berdasarkan dengan HTML. Kemudian, pada bagian addEventListener() berfungsi untuk menciptakan sebuah event. Pada contoh tersebut menggunakan event click. Sehingga, setelah tombol di klik, maka langsung muncul fungsi dibawahnya.

Baca juga : Belajar React Js 03: Installasi React Js dan Node Js

Petunjuk pada bagian alert() tersebut yakni bertujuan untuk memberikan sebuah peringatan. Sehingga, pastikan untuk memperhatikan beberapa kode ketika muncul kata alert() ini. Untuk script lebih singkat, maka Anda dapat menggunakan panduan seperti gambar di bawah. Anda janua perlu copy code dengan nama contoh.html atau file dengan nama bebas.

Misalnya adalah (belajar.html, dll). selanjutnya, pengguna dapat langsung menjalankan file pada browser masing-masing dengan mengetik file dua kali dan akan ditampilkan seperti gambar di bawah. Jika mengklik tombol KLIK SAYA!, maka akan muncul alert bertuliskan BELAJAR.

Baca Juga : Belajar React Js 04 Struktur file pada React Js

Dengan memahami apa itu JS, cara kerja, manfaat, dan contohnya, maka Anda akan lebih mudah untuk belajar bahasa pemrograman ini. Tentunya bahasa JS sangat mudah untuk digunakan dan dimanfaatkan. Sehingga, pastikan untuk memahami dan mempelajari mengenai pengertian JavaScript beserta contohnya.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *