pengertian java

Pengertian Java dan fungsinya

Diposting pada

Jika anda adalah mahasiswa jurusan teknologi informasi sudah pasti ingin tahu mengenai pengertian Java dan fungsinya. Bahkan tidak hanya tentang teknologi informasi, ketika anda mengambil jurusan ilmu komputer atau rekayasa perangkat lunak pasti sudah tidak asing dengan bahasa pemrograman tersebut.

Bahkan smartphone pun menggunakan perangkat lunak dengan bahasa pemrograman java, jadi tidak hanya digunakan pada perangkat komputer saja. Lalu sebenarnya apa pengertian dan bagaimana fungsi Java itu sendiri? Untuk lebih jelasnya terutama untuk programmer, anda perlu menyimak ulasan berikut!

baca Juga : Belajar React Js 03: Installasi React Js dan Node Js

Pengertian Tentang Java

Java adalah sebuah bahasa pemrograman jenis tingkat tinggi yang bisa dijalankan di semua perangkat dan berorientasi pada objek serta program tersusun dari bagian yang disebut dengan class yang terdiri dari metode-metode melakukan pekerjaan hingga mengembalikan informasi setelah melakukan tugasnya. Nantinya anda akan mengenal Java application programming interface atau API.

Para programmer pada umumnya akan banyak mengambil keuntungan dari beberapa kumpulan class yang terdapat di pustaka class Java yang juga disebut API diatas. Class-class tersebut nantinya diorganisasikan menjadi sekelompok dengan sebutan paket atau package bahkan Java API telah menciptakan atlet dan aplikasi canggih.

Sebelum Anda membahas akan pengertian Java dan fungsinya maka ada dua hal yang harus dipelajari terlebih dahulu yaitu bagaimana cara mempergunakan class pada Java API dan mempelajari tentang bahasa Java yang secara simple, dapat diartikan bahwa sebagai pemrograman yang dapat membuat seluruh bentuk aplikasi tidak hanya untuk desktop dan web tapi juga bisa di aplikasi mobile juga.

baca juga : Belajar React Js 00: Apa itu ReactJs,Jsx dan ES6

Apa Sebenarnya Fungsi Terpentingnya?

Bahasa pemogramannya memiliki beberapa fungsi dalam pembuatan aplikasi, misalnya seperti bahasa yang digunakan lebih sederhana jika dibandingkan dengan bahasa pemograman lain. Hal tersebut karena menggunakan sintaks, bisa dibilang mirip dengan C++ sehingga lebih sederhana dan mudh untuk dipahami.

Fungsi yang lainnya adalah Java hanya berfokus pada objek, artinya program yang terdapat pada komputer bisa saling berkomunikasi dalam satu kelompok tertentu. Pengertian Java dan fungsinya paling menguntungkan adalah tentang adanya pengamanan yang cukup ketat bahkan terdapat tiga lapis yang digunakan untuk melindungi sebuah sistem dari penyalahgunaan orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak pada tempatnya.

Baca Juga : Belajar React Js 02: perbedaan var,let,const pada Javascript ES6

Dapat pula dipakai pada sistem operasi manapun karena seperti penjelasan diatas bahwa Java bisa berjalan pada komputer yang menggunakan sistem operasi apapun termasuk platform independence. Jadi ketika dibuat sebuah file maka nantinya file tersebut bisa dijalankan menggunakan perangkat manapun.

Bahkan menggunakan system exception handling, sebuah sistem yang memisahkan antara bagian pengaman kesalahan dan bagian kode normal misalnya saat kesalahan ditemukan maka pemograman ini akan membuat teks caption yang nantinya ditangkap dan dikelola oleh program. Dalam dunia IT, hal tersebut cenderung dibutuhkan.

Belum lagi fungsi lainnya seperti terdapat garbage collector, daftar perpustakaan yang lengkap hingga adanya fitur GUI. Banyak kelebihan yang didapatkan, salah satunya adalah mudah untuk dikembangkan karena sifatnya multi platform. Ulasan mengenai pengertian Java dan fungsinya di atas memang dibutuhkan oleh para programmer pemula.

Baca juga : Belajar React Js 01: Mengenal Arrow Function pada Javascript

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *