Pengertian COBOL Beserta Fungsinya

Pengertian COBOL Beserta Fungsinya

Diposting pada

Beberapa programmer pemula tentu belum tahu betul pengertian COBOL beserta fungsinya. Sebab, untuk COBOL ini dirancang secara khusus sebagai salah satu bahasa pemrograman yang berhubungan dengan perniagaan atau perdagangan pada suatu program. Umumnya, bahasa pemrograman ini untuk kepentingan desain website maupun program komputerisasi.

Hanya saja, COBOL ini digunakan sebagai bahasa pemrograman yang ditugaskan untuk menyelesaikan masalah terkait tata perniagaan seperti sistem pengelolaan tata keuangan, laporan bulanan penjualan serta pemasukan, dan lain-lain. Tak heran jika bahasa pemrograman COBOL ini selalu tersedia di perusahaan perniagaan atau akuntansi.

Pembahasan Lebih Mendalam Tentang Pengertian COBOL Beserta Fungsinya

Bahasa pemrograman COBOL atau Common Business Oriented Language ini diciptakan sejak tahun 1959. Awalnya, bahasa pemrograman ini memang dikhususkan untuk menghitung jumlah uang dari perusahaan tertentu. Pada jaman dahulu, COBOL ini digunakan pada mainframe dan dengan digunakan pada komputer mini.

Sering dengan perkembangan zaman, COBOL kini tidak hanya digunakan untuk perniagaan atau perdagangan saja. Melainkan juga digunakan untuk mengolah database atau bahasa pemrograman pada aplikasi accounting dan perpajakan. Jadi, dapat dipastikan jika rata-rata aplikasi program accounting dan perpajakan ini menggunakan bahasa pemrograman dari COBOL.

Fungsi Bahasa Pemrograman COBOL

Sebagai bahasa pemrograman, tentu COBOL ini memiliki fungsi atau sintaks pada situs website, aplikasi, atau program komputer. Untuk itu, ini dia 4 divisi fungsi dari bahasa pemrograman COBOL. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Identification Division

COBOL digunakan sebagai identifikasi tanggal pembuatan program, nama program yang dibuat, tujuan pembuatan program, dan lain-lain.

  1. Environment Division

COBOL diposisikan sebagai informasi dari komputer yang disinkronkan dengan perangkat lain.

  1. Data Division

COBOL digunakan untuk menganalisis informasi format data yang digunakan dalam program yang tengah digunakan.

  1. Procedure Division

COBOL digunakan untuk memuat prosedur dalam menginput data-data yang dikelola pada data division guna menghasilkan output dari data yang diolah.

Kelebihan Menggunakan Bahasa Pemrograman COBOL

Setelah memahami tentang pengertian COBOL beserta fungsinya, pada kesempatan kali ini kami juga membahas tentang kelebihan menggunakan bahasa pemrograman dari COBOL. Pertama, COBOL ini masuk dalam kategori bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level) yang selalu diutamakan.

Kedua, COBOL ini dapat disinkronkan dengan bahasa pemrograman yang telah dirilis lebih dahulu. Ketiga, apabila ada bug atau lag ini mudah diperbaiki. Sebab, COBOL dilengkapi dengan tampilan notifikasi apabila ada bahasa pemrograman yang salah atau error

Keempat, semua kode yang terintegrasi dengan COBOL ini menggunakan kode enkripsi berbahasa inggris. Jadi, keamanan akun dan sejenisnya ini sangat aman dari tindakan hacker yang ingin mencuri data pribadi Anda

COBOL atau Common Business Oriented Language merupakan bahasa pemrograman yang khusus untuk menangani masalah pada sistem perniagaan atau perdagangan. Jadi, Anda tak perlu repot untuk menghitung hasil laba dan rugi. Maka dari itu, sebagai seorang programmer tentu Anda disarankan untuk mengetahui pengertian COBOL beserta fungsinya.

Itulah pembahasan tengtang cobol beserta fungsinya mudah-mudahan anda mengerti apa yang anaktik.com bagikan bermamfaat bagi anda

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *