Pengertian-Basic-Dan-Fungsinya
Python code

Pengertian Batch (MS-DOS) dan Fungsinya

Diposting pada

Beberapa programmer tentu telah mengetahui tentang pengertian Batch (MS-DOS) dan fungsinya. Dalam bahasa pemrograman, hal ini sangatlah familiar seluruh kalangan para pemain programmer. Sebab, bahasa pemrograman ini mungkin pernah menerimah pembelajaran sejak Anda duduk di bangku sekolah untuk pelajaran teknik informasi jaringan komputer.

Batch (MS-DOS) ini support pada sistem operasi Microsoft Windows. Untuk dapat menjalankan batch (MS-DOS), pengguna harus menggunakan Command.com atau Cmd.exe. Umumnya, para programmer menggunakan batch (MS-DOS) untuk menyusun bahasa pemrograman, baik untuk program komputer maupun situs website.

Ini Pengertian Batch (MS-DOS) dan Fungsinya

Batch file atau Unix Shell Programming versi Windows ini berisikan beberapa file text terkait runtunan perintah yang akan dikerjakan program komputer melalui command intepreter. Setelah itu, Batch file mulai dikerjakan satu-persatu secaa runtun sesuai dengan penulisan perintah pada command MS-DOS.

Akan tetapi, batch file-file tersebut kemudian dimasukkan ke dalam folder guna menjalankan perintah secara otomatis dan berurutan. Batch file ini diibaratkan seperti shortcurt yang terdapat pada sistem operasi Windows atau Mac OS.

Dapat kita katakan jika Batch file yang berbentuk icon dapat kita gunakan sebagai “jalan pintas” dalam menjalankan suatu perintah pemrograman. File Batch file ini biasanya dengan format ekstensi berupa”.bat”.

Fungsi dari Bahasa Pemrograman Batch (MS-DOS)

Fungsi dari bahasa pemrograman Batch (MS-DOS) ini sangatlah penting, terutama untuk program komputer. Batch (MS-DOS) ini berfungsi untuk membackup data-data yang bersifat penting. Lalu, berfungsi untuk menghapus file-file yang tidak terlalu penting seperti “.tmp, .bak, dan sejenisnya”.

Jadi, dengan menggunakan bahasa pemrograman dari Batch (MS-DOS) ini tentu memudahkan tugas programmer. Sebab, programmer hanya perlu menjalankan satu perintah dari Batch file saja. Jadi, semua perintah pada Batch (MS-DOS) akan berjalan secara otomatis.

Akan tetapi, ada dampak negatif dari penggunaan bahasa pemrograman Batch (MS-DOS) ini. Beberapa programmer memanfaatkan kemudahan akses Batch file untuk membuat dan menyebarkan virus dan cracker.

Untuk itu, pergunakanlah pembelajaran mengenai pengertian Batch (MS-DOS) dan fungsinya guna hal-hal yang baik. Salah satunya adalah guna memulihkan data-data dari device yang rusak, membuat program administrator, dan lain sebagainya.

Contoh Bahasa Pemrograman dari Batch (MS-DOS)

Berikut contoh bahasa pemrograman dari Batch (MS-DOS) yang perlu anda ketahui oleh para programmer pemula, yaitu:

  1. Autotext.Bat

SET TEMP=C:\TEMP

            SETBLASTER=A220 I7 D1       

            T2DOSKEY

            C:\WINDOWS\SMARTDRV.EXE

            C:\WINDOWS\MOUSE.COM /Y

            CD        WINDOWS

Batch (MS-DOS) merupakan bahasa pemrograman yang sangat simpel dan hampir semua kalangan kuasai oleh semua programmer. Bahasa pemrograman ini dapat andaakses melalui command intepreter via cmd.exe. Bahasa pemrograman ini Kita kenal lebih mudah karena satu file folder Batch (MS-DOS) dapat anda jalankan secara berurutan tanpa ada kesalahan sedikitpun.

Oleh sebab itu, beberapa file Batch (MS-DOS) yang dapat anda gunakan untuk membackup data-data device Anda yang telah hilang, kemudian bertugas untuk menghapus data file yang menjadi sampah atau tidak perlu disimpan. Oleh sebab itu programmer pemula seperti Anda wajib belajar untuk mengetahui pengertian Batch (MS-DOS) dan fungsinya.

Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya