Pengertian-Basic-Dan-Fungsinya
Python code

Pengertian Basic dan Fungsinya

Diposting pada

Pengertian Basic dan fungsinya menjadi sangat penting sebagai materi awal ketika mempelajari bahasa pemrograman. Basic atau kepanjangan dari Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code secara definisi merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman level tinggi. Basic hingga kini masih menjadi bahasa pemrograman populer yang seiring perkembangannya terus berevolusi.

Umumnya Basic digunakan pada komputer mini. Dan para desainer khususnya komputer mikro sangat menyukainya karena beberapa kelebihan. Basic ini juga memiliki fungsi sebagai pembuat beberapa aplikasi yang menggunakan beberapa komponen yang telah disediakan. Beberapa orang mengaku jika menggunakan Basic sangatlah mudah sehingga proses pembuatan aplikasi atau program menjadi lebih cepat.

Untuk bisa menggunakannya, Anda diharuskan menginstalnya terlebih dahulu. Biasanya Basic ini berupa paket lengkap sehingga memudahkan pengguna membuat beragam jenis program atau aplikasi. Tanpa tahu apa pengertian Basic dan fungsinya serta bagaimana mengoperasikannya maka keinginan Anda membuat aplikasi tidak akan terwujud. Maka dari itu, penting untuk Anda mempelajarinya secara menyeluruh.

Keunggulan Basic

Ada beberapa keunggulan dari Basic di antaranya adalah bahasa pemrograman yang sederhana. Jika di bahasa pemrograman lainnya sulit dipahami bahkan tidak mudah diingat maka berbeda dengan Basic. Basic ini sangat mudah dipahami sehingga tidak heran jika bahasa pemrograman ini populer dan diminati banyak orang.

Banyaknya ragam tools baik gratis atau premium menjadi keunggulan selanjutnya dari Basic. Tools ini bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi atau program sesuai selera dan kebutuhan. Ini menguntungkan dari segi waktu karena cenderung bisa dikerjakan dengan cepat. Pemula bahkan mudah asalkan tahu terlebih dahulu pengertian Basic dan fungsinya secara menyeluruh.

Untuk seorang pemula yang baru terjun didalam dunia bahasa pemrograman, maka mempelajari Basic adalah merupakan hal yang sangat wajib. Hal ini karena materi seputar Basic bisa ditemukan mudah baik di buku, situs website, dan lain sebagainya. Apalagi bahasanya sederhana sehingga tidak menyulitkan bagi pemula yang belum terlalu banyak tahu seputar dunia pemograman.

Hubungan Visual Basic dengan BASIC

Banyak orang yang gagal paham mengenai hubungan visual basic dengan BASIC itu sendiri. Padahal keduanya memiliki hubungan erat. Visual basic merupakan pengembangan terakhir dari BASIC sehingga bisa dikatakan di antara keduanya sama saja. Sementara fungsinya selain sebagai bahasa pemrograman juga bisa digunakan menjadi tools untuk membuat program aplikasi berbasis Windows.

Jika Anda ingin menjadi seorang programmer handal maka sebaiknya pelajari BASIC terlebih dahulu sebelum VB (Visual Basic). Bisa dikatakan BASIC ini adalah dasar sementara VB adalah versi pengembangan yang tingkatnya lebih tinggi. Sangat disarankan pemula untuk mempelajari ini karena dibandingkan bahasa pemrograman lainnya, BASIC cenderung mudah dipelajari.

Di antara manfaat VB atau BASIC selain membantu membuat program juga bisa digunakan untuk menguji debugging atau menghasilkan aplikasi ber-ekstensi EXE. Namun, sebelum sampai pada proses tersebut wajib bagi Anda untuk memahami benar apa pengertian Basic dan fungsinya agar tidak kebingungan ketika sudah sampai VB.

Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya