Pengertian Baseband Dan Broadband Beserta Contohnya

pengertian baseband dan broadband beserta contohnya

Diposting pada

Memasuki materi pemograman komputer, pengertian baseband dan juga broadband tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Keduanya merupakan komponen penting ketika membicarakan tentang transmisi data. Terutama kegunaan pada internet. Bila Anda penasaran, dari mana internet berasal, Anda harus membaca materi ini hingga selesai, baru nantinya akan paham.

Namun, bukan baseband yang membuat internet menjadi terhubung ke seluruh negeri ini bahkan dunia, tapi dari broadband. Lalu, apa itu broadband? Pengertian broadband adalah koneksi internet yang melakukan transmisi data pada kecepatan tinggi. Sementara itu, sebelum itu terjadi, baseband harus benar-benar disiapkan dengan baik agar broadband bisa berjalan.

Jadi, kami di sini akan memberikan kedua materi tersebut kepada Anda, terutama yang sedang belajar tentang pemograman komputer yang terfokus pada internet. Silakan simak penjelasan dari kami berikut.

Pengertian Baseband dan Cara Penyalurannya

Setelah tahu arti broadband, sekarang mari kita ketahui dulu apa itu pengertian baseband dalam mendukung penyaluran internet di negeri ini. Baseband merupakan serangkaian tegangan yang biasanya hanya dapat disalurkan melalui bahan kawat.

Bila ingin menyalurkan frekuensinya agar bisa digunakan sebagai media komunikasi, bisa melalui carrier untuk menghantarkannya. Pada proses transmisi data juga harus dilakukan dengan satu kanal saja.

Selain itu, ada istilah juga tentang baseband network yang berkaitan dengan LAN atau Local Area Network. Cara penyalurannya, bisa kami gambarkan seperti berikut :

  1. Memanfaatkan sinyal digital
  2. Bisa juga menggunakan media transmisi kabel dan jenis kabelnya adalah coaxial
  3. Transmisinya bersifat bidirectional
  4. Pengiriman data kadang sedikit terganggu karena derau atau bahkan interfensi
  5. Tidak bisa memakai jenis topologi lainnya, karena yang diandalkan adalah topologi bus.

Baca juga : Pengertian Topologi Jaringan, Macam-Macam Topologi Jaringan

Mengenal Beberapa Jenis Teknologi Broadband

Sudah kami jelaskan di atas tentang pengertian broadband yang berkaitan dengan internet. Gelombang elektromagnetik yang bersifat kontinu bahkan bisa disebarkan dengan media berdasarkan dari spektrum atau frekuensinya.

Dalam teknik penyaluran sinyal, broadband biasanya menggunakan sinyal analog dengan FDM (Frequency Division Multiplexing). Sementara itu, teknologi dari broadband, ada 2 jenisnya, yaitu :

  1. Teknologi DSL

DSL mempunyai arti dari kumpulan dari beberapa teknologi yang dapat memanfaatkan bandwidth. Untuk tipe-tipe teknologinya adalah sebagai berikut :

  1. Asynmetric
  2. Symmetric
  3. G. SHDSL
  4. Integrated Service Digital Network DSL
  5. Very high data rate
  6. Dan high data rate
  1. Teknologi Cable

Sebenarnya, adanya teknologi broadband untuk tipe kabel, pada dasarnya karena kebutuhan masyarakat akan penyiaran televisi dengan kualitas terbaik.  Biasanya, Anda menyebut sebagai cable TV atau TV kabel.

Meluasnya penggunakan TV kabel dan juga internet, ini menjadi trend teknologi broadband masa kini yang digemari oleh masyarakat era modern.

Baca Juga : Proses Transmisi Data Pada Jaringan Komputer

Kini, pemahaman akan kedua teknologi tersebut sudah cukup dimengerti, bukan? Sekarang, hanya dengan membaca pengertian broadband atau baseband, bisa langsung paham kegunaan atau fungsinya bila diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

0
Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *