Pengertian BAIK

Pengertian BAIK

Diposting pada

Beberapa programmer asal Indonesia tentu belum mengerti tentang apa itu BAIK. Pengertian BAIK merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dibuat secara khusus dalam Bahasa Indonesia. Sistem bahasa pemrograman BAIK ini diciptakan oleh Haris Hasanudin.

Beliau merupakan pakar di bidang programming dan bahasa pemrograman sistem komputer, internet, dan situs website. Pria lulusan Gunma University, Jepang ini memang menciptakan bahasa pemrograman dalam bahasa Indonesia dengan tujuan tertentu. Ia ingin para programmer pemula dapat belajar serta membuat perintah dalam Bahasa Indonesia.

Mengupas Lebih dalam Tentang Pengertian BAIK

BAIK atau Bahasa Anak Indonesia untuk Komputer ini memang diciptakan bagi para programmer, khususnya yang berasal dari Indonesia. Haris Hasanudin selaku pencipta program BAIK ini merasa bahwa banyak programmer handal asal Indonesia yang belum menguasai bahasa programming seperti HTML, C+, Python, dan lain-lain.

Sebab, bahasa pemrograman tersebut umumnya menggunakan bahasa Inggris. Alhasil, Haris Hasanudin menciptakan BAIK dengan tujuan agar para programmer asal Indonesia dapat berkreasi menggunakan coding dari bahasa Indonesia yang lebih mudah dipahami. Tak heran jika bahasa programming BAIK ini diajarkan di beberapa sekolah-sekolah, terutama sekolah dengan mata pelajaran teknik informasi komputer.

Sekilas, program BAIK ini tidak ada perbedaan yang signifikan dengan bahasa pemrograman lainnya. Letak perbedaannya hanya pada bahasa atau kosa kata. Program BAIK ini semua program perintah menggunakan bahasa Indonesia.

Keunggulan Bahasa Pemrograman BAIK Dibandingkan dengan Bahasa Pemrograman Lainnya

Bahasa pemrograman BAIK ini memiliki kelebihan tersendiri. Rata-rata, programmer asal Indonesia merasa bahwa BAIK sangat membantu mereka dalam merancang program komputer atau situs website. Oleh sebab itu, ini dia beberapa keunggulan dari bahasa pemrograman BAIK, yaitu :

  1. Semua Kode Ditulis Menggunakan Bahasa Indonesia

Sesuai dengan pengertian BAIK, semua coding BAIK ini ditulis menggunakan Bahasa Indonesia. Sehingga, programmer asal indonesia lebih mudah menyusun coding-coding untuk keperluan pembuatan situs website atau program komputer.

  1. Memiliki Format Ekstensi Tersendiri

Anda tak perlu khawatir untuk mengetahui file yang disusun menggunakan bahasa pemrograman BAIK. Semua file yang disusun menggunakan bahasa pemrograman BAIK selalu menggunakan format ekstensi “.ina”.

  1. Dapat Mengakses MySql Database Secara Langsung

Beberapa bahasa pemrograman tentu harus melalui beberapa tahapan untuk dapat mengakses MySql. Namun berbeda dengan BAIK. Dengan menggunakan bahasa pemrograman dari BAIK, Anda bisa langsung mengakses MySql secara langsung.

  1. Bisa Langsung Membuat File Image

Dan keunggulan terakhir dari bahasa pemrograman BAIK ini dapat membuat file image langsung. Jadi, Anda tidak perlu aplikasi tambahan untuk membuat file image. Anda hanya perlu menyisipkan task perintah untuk membuat file pada papan perintah dari bahasa pemrograman BAIK.

Contoh Bahasa Pemrograman BAIK

Berikut contoh bahasa pemrograman dari BAIK yang perlu diketahui oleh para programmer pemula, yakni :

  1. Menulis Kata “Halo Dunia”
  1.  CETAK “HALLO DUNIA!”

Bahasa pemrograman BAIK ini memang ditujukan bagi para programmer pemula yang ingin mendesain website atau program komputer. Sebab, rata-rata bahasa pemrograman menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, program bahasa BAIK ini lebih simpel dan ringkas. Oleh sebab itu, programmer pemula harus mengerti tentang pengertian BAIK beserta cara kerja dari bahasa pemrograman tersebut.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *