Pengertian Bahasa C dan Fungsinya

Pengertian Bahasa C dan Fungsinya

Diposting pada

Pengertian bahasa C dan fungsinya menarik untuk diulas terutama untuk Anda yang memang sedang mempelajari pemrograman. Mungkin anda bertanya-tanya mengenai pemograman C dan apa saja gunanya dan kenapa harus dipelajari? Jika belum mengetahui detail mengenai ulasan lengkapnya, wajar jika banyak pertanyaan muncul.

Bahasa pemograman C yang sering digunakan ini dibuat Dennis M. Ritchie saat masih bekerja di Bell Labs, tahun 1972 untuk sistem operasi UNIX yang sebelumnya menggunakan bahasa assembly. Meskipun awalnya digunakan untuk jaringan komputer, ternyata saai ini juga difungsikan untuk pengembang sofware aplikasi.

Pengertian Tentang Program Bahasa C

Untuk memulai pembahasan tentang pengertian bahasa C dan fungsinya, bahasa pemrograman C sebenarnya merupakan sebuah bahasa pemrograman pada komputer yang dapat digunakan untuk membuat berbagai program aplikasi. Aplikasi dengan sistem operasi seperti Windows atau Linux, aplikasi antivirus hingga software pengolah gambar dan compiler.

Tidak terlepas dari tujuannya awal pemrograman tersebut yang dikembangkan oleh Ritchie, pemrograman bahasa C bahkan sering digunakan untuk membuat bahasa pemrograman yang lainnya, salah satu contohnya adalah PHP, karena memang paling cocok merancang berbagai aplikasi yang berhubungan langsung dengan sistem hardware dan sistem operasi yang lainnya.

Baca Juga : Pengertian Java dan fungsinya

Sistem operasi dan Pada awalnya memang bahasa pemrograman B lebih sering digunakan namun ternyata memiliki beberapa kekurangan hingga akhirnya dilengkapi oleh pemrograman C. Dari situlah sistem operasi UNIX ditulis ulang dan menjadi dasar dari banyak sistem operasi modern saat ini termasuk Linux, ios hingga sistem operasi Android.

Apa Saja Fungsinya?

Memang mengulas pengertian bahasa C dan fungsinya sangatlah menarik, karena sering digunakan untuk membungkus program menjadi bagian-bagian kecil. Selain itu juga bagian ini memiliki fitur dan keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Bahkan sering juga difungsikan sebagai jenis bahasa pemrograman yang prosedural.

Pengertian prosedural sebenarnya merupakan sebuah cara atau metode yang terdapat setiap baris perintah diproses secara berurutan, mulai dari baris yang paling atas hingga baris yang paling bawah dengan mempunyai fungsi tambahan yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugasnya dan pemrograman C termasuk ke dalam beberapa kelompok tersebut.

Baca Juga : Cara Install dan Konfigurasi Software PHP Apache dan MySQL

Jika anda masih tergolong pemula didalam dunia programer, maka Anda disarankan untuk terlebih dahulu mempelajari tentang bahasa pemrograman prosedural terlebih dahulu barulah Anda dapat masuk ke dalam pemrograman object misalnya seperti Java. Bahasa pemrograman lainnya yang juga mendukung konsep bahasa prosedural dan objek sekaligus adalah bahasa pemrograman C++, python dan juga PHP.

Untuk pemograman C sangatlah cepat dan juga efisien, serta sudah menggunakan ukuran kecil karena C bisa langsung berkomunikasi dengan perangkat hardware. Tentu saja hal tersebut adalah salah satu fitur yang jarang sekali tersedia di pemrograman modern seperti Java, PHP ataupun python meskipun pada bahasa C relatif sangat sederhana dan tidak memiliki fitur-fitur modern di dalamnya.

Pada pemrograman C dapat juga di compile ulang supaya bisa berjalan di berbagai sistem operasi tanpa perlu lagi mengubah beberapa kode, bahkan aplikasi yang sedang dibuatnya di Windows bisa langsung dipindahkan ke dalam Linux. Dalam catatan jika aplikasi tersebut menggunakan bahasa C bahkan masih banyak ulasan mengenai pengertian bahasa C dan fungsinya yang menarik lainnya.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *