Pengertian ASP dan Contohnya

Pengertian ASP dan Contohnya

Diposting pada

Bagi Anda yang baru belajar tentang pemrograman, tentu harus mengerti terlebih dahulu pengertian ASP dan contohnya. ASP merupakan sebuah script yang ditambahkan pada program HTML (hypertext markup language). Fungsi ASP ini sebagai server side pada program sistem HTML. Jadi, ASP ini berfungsi untuk mempercantik desain situs website.

Sebab, tampilan desain yang kurang menarik tentu tidak disukai oleh para visitor. Dengan penggunaan ASP pada program HTML, maka memudahkan programmer dalam menentukan desain situs website.

Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian ASP dan Contohnya

ASP atau active server pages merupakan suatu bahasa pemrograman untuk membuat desain website. ASP ini menjadi bagian dari teknologi Microsoft yang di kompatibelkan dengan program IIS (internet information services). Untuk dapat menjalankan program IIS, Anda harus menggunakan Windows NT 4.0 atau versi diatasnya.

Apabila Anda ingin menjalankan ASP tanpa sistem operasi Windows, maka Anda bisa menggunakan program ChiliASP. Dalam program ChiliASP ini terdapat sistem InstantASP. InstantASP adalah suatu teknologi yang berguna untuk menjalankan file ASP tanpa Windows.

Ciri-Ciri File ASP

Memang, para programmer pemula acap kali kesulitan untuk mengetahui ciri-ciri dari file ASP. Sebab, file ASP ini sekilas hampir sama dengan file HTML.. File ASP ini dapat berupa file text, file XML, atau file dalam bentuk script.

Hanya saja, file ASP ini menggunakan format ekstensi “.asp”. Apabila file tersebut tidak menggunakan formal ekstensi “.asp”, maka dapat dipastikan jika file tersebut merupakan file dari sistem HTML.

Perbedaan ASP dengan HTML

Setelah membahas pengertian asp dan contohnya, kini Anda juga harus mengetahui apa perbedaan dari asp dengan HTML. HTML ini digunakan untuk membuat desain dari halaman statis dari situs website. Sedangkan, asp ini digunakan untuk membuat desain dari halaman interaktif antara visitor dan pengguna situs website.

Bahasa pemrograman asp ini saling berkaitan dengan program HTML. Sebab, asp ini digunakan sebagai embed dari pemrograman dan arahan dari sisi server ke halaman situs website yang menggunakan sistem program HTML.

Keuntungan Menggunakan Program ASP

Dibandingkan dengan menggunakan bahasa pemrograman lain seperti CGI dan Pearl, asp ini memiliki keuntungan tersendiri jika digunakan dalam sistem pemrograman HTML. Pertama, bahasa pemrograman asp ini lebih sederhana dan cepat untuk diakses.

Kedua, kode asp ini lebih aman karena sistem browser tidak tidak dapat dilihat oleh siapapun. Jadi, sebagai programmer pemula ini lebih disarankan untuk menggunakan bahasa pemrograman dari asp.

Contoh Bahasa Pemrograman ASP

Berikut contoh bahasa pemrograman asp untuk mengetahui serta menampilkan jumlah visitor atau pengunjung dari situs website tertentu, yakni :

<html>

<head>

</head>

<body>

<p>

There are <%response.write(Application(“visitors”))%>

online now!

</p>

</body>

</html>

Lihat juga : Contoh HTML dan CSS

Pengertian ASP atau active server pages adalah merupakan bahasa pemrograman atau script yang ditambahkan khusus pada sistem dalam HTML. Program asp ini bertujuan untuk mempercantik tampilan situs website tertentu guna meningkatkan interaksi dan jumlah pengunjung. Bagi Anda yang baru belajar tentang pemrograman, maka Anda perlu mengerti terlebih dahulu tentang pengertian ASP dan contohnya.

Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya