Pengertian Applescript Dan Fungsinya

Pengertian Applescript dan Fungsinya

Diposting pada

Sebagai seorang programmer tidak lengkap rasanya tanpa mengenal pengertian Applescript dan fungsinya secara menyeluruh. Applescript sendiri merupakan sebuah bahasa skrip yang didesain oleh Apple Inc. Perusahaan Apple sengaja merancangnya untuk memudahkan ketika melakukan komunikasi antar aplikasi (IAC) memakai acara Apple. Secara resmi Applescript ini dirilis pada tahun 1993.

Applescript pada dasarnya memiliki beberapa kemampuan seperti mengirim atau menerima sebuah peristiwa Apple ke aplikasi. Selain itu, bahasa skrip ini juga bisa digunakan untuk melakukan penghitungan dasar serta memproses teks. Sebagai pemroses bahasa terstruktur, Applescript ini dapat disejajarkan dengan IBM REXX, Windows Script Host, Shell Unic dan lain sebagainya.

Pengertian Applescript dan fungsinya ini memang cukup kompleks jika dipelajari sesaat. Hal ini karena banyaknya elemen didalamnya yang bekerja sesuai perannya. Belum lagi ditambah variabel di Applescript juga banyak sebagai penyimpan data. Meski banyak sekali pembahasan, mempelajari Applescript begitu mudah hanya saja perlu kesungguhan ketika mempelajarinya.

Mengenal Lebih Jauh dengan Applescript Beserta Cara Menggunakannya

Secara sederhana Applescript ini adalah bahasa skrip OSX di mana memungkinkan Anda melakukan otomatisasi operasi berulang yang melibatkan lebih dari satu aplikasi. Secara tidak langsung, ketika Anda menggunakannya maka waktu bisa dihemat karena prosesnya yang cenderung cepat. Anda bahkan tidak perlu mengalami bosan ketika proses berlangsung.

Dalam menjalankan tugasnya, Applescript ini dipicu oleh peristiwa dan Automator atau alat OS X yang bekerja secara otomatis. Fungsi Applescript ini sangatlah banyak sekali. Bahkan bisa menggunakannya pada seluruh aplikasi tingkat dasar. Hal ini karena bahasa skrip ini mendukung serta menyediakan sebuah kamus intruksi untuk melakukan operasi dalam aplikasi.

Mengacu pada pengertian Applescript dan fungsinya jelas bahasa skrip ini sangat membantu ketika mengoperasikannya pada aplikasi. Hanya saja sebelum menggunakannya, Anda diharuskan mengkompilasinya dengan memeriksa sintaks serta mempersiapkan skripnya. Ketika skrip berhasil dikompilasi maka teks akan ada kode warna sehingga lebih mudah dibaca.

Cara Mudah Menggunakan Editor Applescript

Untuk menggunakan biasanya Applescript tertulis di editor skrip di mana merupakan aplikasi yang berada di folder Utilitas Mac. Setidaknya ada dua cara untuk membuat skrip pertama, Anda bisa merekam semua tindakan di Mac. Kedua, Anda bisa menuliskannya dari awal aplikasi Applescript. Perlu diingat lagi-lagi kompilasi terlebih dahulu skrip tersebut.

Agar lebih mudah dipahami, Anda bisa langsung membuka editor skrip dan pilih dokumen baru. Setelah itu, pilih tombol rekam dan tekan Cmd + Shift + N pada Desktop. Setelah dokumen baru muncul langsung beri nama. Kemudian akan terlihat jendela skrip yang terisi penuh di mana mendeskripsikan peristiwa baru saja direkam.

Itu adalah cara mudah pertama yang bisa Anda lakukan ketika ingin menggunakan Applescript. Begitu mudahnya sehingga Anda tidak perlu kebingungan lagi ketika menggunakan Applescipt. Namun, sebelumnya wajib bagi Anda untuk tahu semua hal termasuk pengertian Applescript dan fungsinya sebagai langkah dasarnya.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *