Apa itu Oracle Database , sejarah ,kekurangan & kelebihan

1 min read

apa itu oracle database

Apa itu Oracle Database , sejarah ,kekurangan & kelebihan – kali ini anaktik.com kembali untuk membahas salah satu RDBMS yang cukup populer yaitu Oracle Database, jadi langsung saja kita mulai

Apa itu Oracle DB

Oracle DB adalah salah satu Relation database management system(RDBMS) buatan oracle corporation. Oracle DB sering digunakan untuk membangun system bersekala besar, seperti yang terdapat pada system perbankan.

Layaknya system RDBMS lainnya, Oracle juga menggunakan structure query language (SQL) sebagai bahasa untuk mengoperasikannya.

Dari sekian banyak RDBMS, menurut saya Oracle DBlah yang paling sulit untuk dipelajari, selain itu untuk menggunakannya diperlukan komputer bersepsifikasi tinggi. Hal inilah yang membuat Oracle DB tidak cocok untuk pemula.

Oracle DB sendiri menyediakan sertifikat keahlian untuk orang yang ingin belajar dan menjadi master oracle DB.

baca juga: apa itu Database

Apa itu RDBMS

Relational Database Management System atau disingkat RDBMS adalah sebuah sistem manajemen database yang memungkinkan kita mengidentifikasi serta mengakses suatu data menggunakan relasi yang telah dibangun.

RDBMS sendiri adalah jenis system database yang paling banyak digunakan di dunia, itu terjadi karena penggunaannya yang efisien dan mudah untuk dimengerti.

Selengkapnya tentang RDBMS kamu bisa baca disini: Pengertian RDBMS beserta penjelasannya

Sejarah Oracle

Pada tahun 1997 Oracle Corp dibentuk oleh Larry Ellison,ED Oates dan Bob Miner namun pada saat itu perusahaan tersebut bernama  Software Development Laboratories, Larry Ellison dan Bob Miner sendiri dahulunya adalah seorang programmer di American electronics company Ampex Corporation.

Mereka terinspirasi membuat sebuah database relasional setekah membaca paper riset yang dibuat oleh  Edgar F. Codd. Paper tersebut berisi tentang konsep pembuatan relasional database yang dapat mengatur data bersekala besar serta memiliki kecepatan tinggi dalam pengolahan data.hal itu adalah penemuan terbaru pada jamannya.

Setelah itu mereka bertiga pun mulai mengembangkan system database berdasarkan teori Edgar F.Codd. dan pada tahun 1979 untuk pertama kalinya oracle DB dirilis. Saat itu Oracle DB adalah program database pertama yang menggunakan SQL.

Tak butuh waktu lama Oracle DB pun menjadi popular dan banyak digunakan oleh perusahaan besar, salah satu pengguna terbesarnya adalah U.S. Air Force.

Barulah pada tahun 1982 nama perusahaan tersebut berganti menjadi Oracle Corporation dan 2 tahun setelah itu oracle DB menjadi perusahaan Database terbesar di dunia.

Pada tahun 1999 Oracle mengeluarkan Oracle8i yang mana pada versi ini seluruh system oracle telah mendukung internet dan siap digunakan untuk melayani user jarak jauh.

Kelebihan Oracle DB

Ada beberapa kelebihan oracle database yang membuatnya unggul disbanding software database lainnya, yaitu:

  • Oracle DB menawarkan skalabilitas transaksi data yang lebih besar dibanding rdbms lainnya terlebih lagi saat menjalankan perintah batch pertukaran data, yang mana jika terjadi banyak perintah tersebut penggunaan memori dan cpu menjadi sangat besar.
  • Oracle DB mebggunakan teknologi clustering untuk menyeimbangkan penggunaan seluruh resource pada server.
  • Oracle DB memiliki sistem keamanan yang cukup baik tanpa harus mensetting berbagai macam hal.
  • Oracle DB mendukung banyak sistem operasi

Kekurangan Oracle DB

  • Oracle Database memiliki harga yang tergolong sangat mahal, hal itulah yang membuatnya jarang digunakan pada project bersekala kecil
  • Sumber pembelajaran dan dokumentasinya pun sangat kurang.
  • karena database ini memiliki lebih sedikit tenaga ahli dibanding pesaingnya, hal ini membuat harga perawatan servernya pun menjadi lebih mahal

Kesimpulan

Oracle DB adalah Salah satu RDBMS terbaik dibanding beberapa pesaingnya, namun harganya tergolong mahal. oleh sebab itu Oracle DB lebih cocok digunakan pada project bersekala besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *