8 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

8 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

8 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup – layar blank hitam merupakan salah satu kerusakan yang sering terjadi pada pengguna laptop baik pengguna vendor asus, acer, HP, Lenovo, Huawei,dll memiliki kemungkinan terkena masalah ini.

ada berbagai macam penyebab layar laptop menjadi blank hitam, kali ini anaktik.com akan menjelaskan semua kemungkinan penyebab terjadinya masalah ini dan tentunya cara mengatasinya, so langsung kita mulai saja

Penyebab dan Cara mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup

Ada beberapa hal yang mungkin membuat laptop kamu menjadi blank hitam walaupun dalam kondisi hidup, berikut AnakTik urutkan dari yang paling ringan hingga yang paling berat

  • Windows Corrupt
  • Resolusi layar yang digunakan tidak sesuai
  • Salah menginstall driver
  • Konfigurasi BIOS salah
  • Kerusakan pada Hardisk
  • Terjadi kerusakan pada ram
  • Kerusakan pada Fleksibel Layar
  • Kerusakan pada Layar

Baca juga: mengatasi lan tidak terdeteksi

1. Windows Corupt

Windows corupt adalah salah satu penyebab paling sering terjadinya layar blank pada komputer, terlebih lagi jika hardisk yang kamu gunakan sudah memiliki kesehatan yang rendah dan kapasitasnya sudah hampir penuh.

health disk low dan kapasitas penuh bisa menyebabkan beberapa registry windows menjadi corrupt karena beberapa faktor sehingga windows tidak bisa masuk ke halaman welcome ataupun jika berhasil masuk ke halaman welcome, kamu tidak bisa masuk ke home windows.

jika masalah ini terjadi pada laptop kamu, lakukanlah solusi dibawah untuk mengatasinya

Solusi

untuk menyelesaikan problem ini kamu harus sabar menunggu hingga windows selesai melakukan booting meskipun layar hitam. setelah selesai melakukan booting dan berhasil masuk ke dalam windows, kamu bisa buka command line dan jalankan perintah dibawah

Baca juga  Cara Cepat Mengatasi Kernel Security Check Failure Pada Windows
sfc /scannow

perintah diatas menjalankan scan untuk menemukan registry yang rusak. jika kamu bingung silahkan tonton video dibawah untuk lebih jelasnya

kamu juga bisa melakukan install ulang jika dirasa masalah ini terus berulang, dan jika sudah diinstall ulang masalah ini terus berlanjut, kamu bisa mencoba poin ke 5

Baca juga : Cara Cepat Mengatasi Kernel Security Check Failure Pada Windows

2. Resolusi Layar yang Digunakan Tidak Sesuai

masalah kedua yang mungkin terjadi adalah resolusi layar yang tidak sesuai, hal ini jarang terjadi karena biasanya windows akan menyesuaikan resolusi layar secara otomatis, namun tetap ada kemungkinan bahwa resolusi lah yang menjadi masalah.

terlebih lagi jika sebelumnya kamu mengganti resolusi layar kamu secara manual. kamu bisa mencoba solusi dibawah untuk mengatasinya

solusi

untuk memastikan bahwa hal ini terjadi karena resolusi layar yang tidak sesuai, kamu bisa masuk ke safe mode dengan cara menekan f8 saat booting, lalu ubah resolusi layar menjadi standar yang disarankan windows. setelah itu restart kembali laptop anda.

jika di luar safemode laptop masih mengalami hal yang sama kamu bisa lanjut ke poin ke 3.

3.Salah Menginstall Driver

masalah ketiga yang sering terjadi adalah Salah menginstall driver khususnya driver VGA, windows secara otomatis akan menyertakan driver vga ketika pertama kali penginstalan, namun terkadang kita mau performance lebih sehingga kita menginstall sendiri driver vga vendor.

kesalahan penginstalan driver VGA dapat menyebabkan error pada sistem yang akhirnya menyebabkan layar menjadi glitch ataupun blank hitam, jika ini terjadi silahkan ikuti solusi dibawah untuk mengatasinya.

solusi

solusi untuk poin ini hampir sama seperti poin nomer 2 yaitu masuk ke dalam safemode dengan cara menekan f8 saat booting terlebih dahulu, setelah itu kita akan melakukan uninstall driver VGA dengan cara

  • Masuk device manager
  • buka bagian display adapter
  • uninstall driver

setelah itu restart kembali laptop dan laptop anda akan normal kembali, jika bingung silahkan lihat video dibawah sebagai panduan

Baca juga  Cara Cepat Mengatasi Kernel Security Check Failure Pada Windows

4.Konfigurasi BIOS salah

penyebab layar blank yang berikutnya adalah konfigurasi BIOS yang salah, hal ini dapat terjadi jika kita mengotak atik bios ataupun mengupdate software BIOS sebelumnya. kesalahan dalam mengkonfigurasi bios dapat menyebabkan layar komputer menjadi blank

jika hal sebelumnya kamu belum pernah mengotak atik bios maka longkap solusi ini.

solusi

solusi untuk masalah ini hanya 1, yaitu dengan mereset bios pada laptop/komputer. kamu bisa mereset memori bios kamu hanya perlu mencabut batre cmos dan memasangnya kembali.

tentunya untuk melakukan hal tersebut kamu perlu membuka backdoor laptop terlebih dahulu dan setiap laptop punya desain backdoor yang berbeda-beda. dibawah adalah salah satu contoh cara mencopot batre cmos pada laptop acer dengan benar

5.Kerusakan Pada Hardisk

Penyebab windows blank yang selanjutnya adalah kerusakan pada hardisk. hardisk menggunakan piringan hitam sebagai penyimpanan data.

jika hardisk digunakan terlalu lama maka piringan tersebut biasanya akan lecet dan menyebabkan beberapa data didalamnya menjadi corupt. masalah ini hampir sama seperti nomer 1 dimana data yang corupt menyebabkan layar menjadi blank hitam meskipun hidup.

ada ciri-ciri yang menandakan hardisk siap diganti, beberapa diantaranya:

  • Health hardisk yang rendah
  • Windows sering not responding
  • Sering terjadi BlueScreen of Death
  • dekatkan telinga ke posisi hardisk, hardisk yang tidak bagus biasanya menimpulkan bunyi decitan

Solusi

jika hal ini terjadi, langkah pertama yang saya sarankan adalah dengan melakukan install ulang windows. namun kalau setelah install ulang hal ini tetap terjadi maka kamu bisa mengganti hardiskmu dengan hardisk yang baru.

6. Kerusakan pada ram

kemungkinan berikutnya adalah kerusakan pada ram. Ram yang tidak terdeteksi dengan baik dapat biasanya menyebabkan laptop tidak mau menyala dan muncul bunyi beep. namun dalam beberapa kasus kerusakan ram dapat menyebabkan layar menjadi blank hitam walaupun kondisi windows menyala.

untuk memastikannya kamu bisa ikuti solusi dibawah.

Solusi

langkah pertama yang saya anjurkan adalah dengan membersihkan kuningan pada konektor ram menggunakan penghapus. kenapa? karena semakin lama ram terpasang maka konektor ram bisa menjadi aus dan korosif sehingga pengiriman data dari komputer ke memory ram bisa terganggu. untuk melakukan hal ini kamu bisa membongkar backdoor laptop mu -> copot ram dan lakukan pembersihan.

Baca juga  Cara Cepat Mengatasi Kernel Security Check Failure Pada Windows

jika kamu bingung bagaimana cara membersihkannya saya menyertakan video dibawah sebagai refrensi.

jika setelah dibersihkan masalah tetap terjadi, kamu bisa meminjam ram kawanmu yang memiliki tipe serupa lalu memasangnya untuk menggantikan ram sebelumnya. jika laptop berjalan normal berarti kerusakan ada di ram.

namun jika tidak berarti ada 2 kemungkinan yang pertama kerusakan ada pada konektor ram, yang kedua berarti kerusakan bukan pada area ram.

7.Kerusakan pada fleksibel layar

laptop memerlukan kabel fleksible untuk menghubungkan layar ke motherboard. pada beberapa kasus seringnya kita membuka tutup laptop dapat menyebabkan layar fleksibel menjadi putus/rusak.

fleksibel laptop yang rusak dapat menyebabkan layar menjadi mati ataupun sesekali hidup dengan tampilan glitch. untuk memastikannya coba tekan tekan area bezel disekitar layar dan membuka tutup laptop dalam keadaan hidup.

jika layar menunjukan adanya glitch ataupun hidup mati berarti titik kerusakan berada pada fleksibel layar, kamu bisa mengikuti solusi dibawah untuk memperbaikinya.

solusi

ada 2 solusi yang saya saranakan

  1. coba buka sendiri lalu pasang ulang fleksibel monitor, jika masalah masih terjadi silahkan ganti sendiri
  2. bawa ke tukang service untuk mengganti fleksibel layar

8. Kerusakan Pada Layar

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan namun tidak ada yang berhasil, berarti kemungkinan besar kerusakan terjadi pada daerah lcd laptop. terlebih lagi jika tidak ada cahaya yang sama sekali keluar dari dalam layar laptop, sudah dapat dipastikan kerusakan terjadi di daerah layar.

untuk masalah ini solusinya hanya 1 yaitu mengganti layar laptop anda.

Itulah yang dapat anaktik sampaikan mengenai 8 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam Tapi Hidup, semoga bermanfaat

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.