mengatasi lan card tidak terdeteksi

cara mengatasi lan card tidak terdeteksi

Diposting pada

bagaimana cara mengatasi lan card yang tidak terdeteksi – LAN Card adalah salah satu bagian terpenting di dalam komputer. ia bertugas menghubungkan komputer dengan suatu jaringan dengan perantara kabel LAN. cara pemasangannya pun mudah, hanya tinggal pasang di slot dan LAN Card pun siap digunakan. namun, bagaimana bila LAN Card tidak terdeteksi, dan bagaimana cara mengatasinya?, mari kita bahas.

Penyebab LAN Card tidak terdeteksi

ada banyak faktor yang menyebabkan LAN Card tidak terdeteksi, oleh karena itu, kamu harus mengecek secara hati hati. bisa saja, LAN Card yang kamu pasang, ternyata kurang kencang, rusak di salah satu bagian, atau drivernya blm di instal.

langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengecek apakah LAN Card sudah terinstall atau belum ialah mengeceknya di dalam windows, caranya:

  • klik windows + r
  • jalankan perintah ‘devmgmt.msc‘ dan klik open device manager.
  • masuk ke ‘network adapter’.
penyebab LAN Card tidak terdeteksi

lakukan langkah diatas dan lihatlah, apakah LAN Card anda sudah terinstall atau belum, jika ternyata sudah, ada kemungkinan bahwa bukan LAN Card anda yang error, melainkan kabel LAN yang digunakan.

baca juga: cara membuat kabel LAN Straight

Mengatasi LAN Card Tidak terdeteksi

selanjutnya bila sudah dipastikan bahwa LAN Card benar benar tidak terdeksi, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya:

  • pasang driver yang tersedia. saat membeli LAN Card, di dalam dus penjualannya pastilah disediakan driver bawaan yang kompatible dengan LAN Card tersebut, Installah driver tersebut. tapi kalau ternyata tidak ada driver di dalamnya, ataupun hilang. kamu bisa melakukan download manual driver tersebut di google.
  • cabut dan bersihkan slot LAN Card dengan penghapus ataupun benda halus lainnya, terutama di bagian kuningan konnektornya.
  • cek bentuk fisik dari LAN Card yang digunakan, apakah ada goresan, benturan, bintik hitam ataupun hal lainnya yang mengindikasikan kerusakan pada LAN Card, jika iya maka kembalikan lah ke penjual ataupun membeli LAN Card baru.

Langkah diatas telah saya lakukan sendiri untuk memperbaikin LAN Card saya yang error, dan hasilnya ternyata slot dari LAN Card saya kotor dan hanya perlu untuk dibersihkan. jika masalah masih belum bisa teratasi, kamu bisa mencoba memasang LAN Card tersebut ke motherboard lain, jika ternyata di motherboard lain LAN Card tersebut berjalan dengan baik, maka slot pada mobo mu lah yang rusak.

baca juga: cara mentransfer file menggunakan kabel LAN

sekian tutorial yang dapat saya sampaikan mengenai, cara mengatasi lan card tidak terdeteksi. semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *