gelombang radio

gelombang radio : pengertian, sejarah, karakteristik, bahaya dan manfaat

Diposting pada

gelombang radio : pengertian, sejarah, karakteristik, bahaya dan manfaat -gelombang radio adalah salah satu media transmisi nirkabel yang paling sering kita gunakan, mari, langsung saja kita bahas.

pengertian gelombang radio

gelombang elektromagnetik

Apa itu gelombang radio? gelombang radio adalah radiasi elektromagnetik yang memiliki frekuensi paling rendah diantara radiasi elektromagnetik lainnya, seperti gelombang mikro atau gelombang infrared.

gelombang radio dalam jaringan nirkabel memiliki frekuensi diantara 30Hz hingga 300GHz. dengan panjang gelombang mulai dari 1mm hingga 10.000km.

seperti layaknya gelombang elekromagnetik lainnya, radiowaves bergerak dalam kecepatan cahaya dan dapat bergerak dalam ruangan hampa. oleh sabab itu gelombang ini dapat digunakan sebagai media transmisi menggunakan satelit.

Sumber gelombang radio

gelombang radio atau radio waves dihasilkan oleh muatan listrik yang mengalami akselerasi. secara alami, gelombang ini dihasilkan oleh petir dan benda-benda astronomi lainnya.

namun gelombang radio juga bisa dibuat. gelombang radio buatan dihasilkan oleh pemancar yang nantinya akan diterima oleh penerima radio dengan menggunakan antena.

cara kerja gelombang radio

gelombang radio

bayangkan sebuah stasuin radio ingin menyiarkan program mereka ke seluruh penjuru dunia, bagaimana cara mereka melakukannya?

suara dari pembawa acara akan direkam menggunakan mikrofon dan diubah menjadi energi listrik dan mengalirkannya ke sepanjang antena pemancar.

di antena pemancar inilah audio tadi di tingkatkan berkali kali sehingga siap untuk dipancarkan ke seluruh dunia. setelah siap, data tersebut di kirim ke seluruh dunia dalam bentuk sinyal yang tak terlihat oleh mata. setelah sampai ditujuan, sinyal tersebut akan ditangkap lagi dan di ubah dari energi listrik menjadi audio.

dalam beberapa kasus, sinyal tidak langsung sampai ke penerima, melainkan memerlukan repeater, karena jaraknya yang terlalu jauh sehingga sinyal menjadi lemah. fungsi repeater disini adalah untuk memperkuat sinyalnya memancarkannya kembali ke tujuan.salah satu contoh repeaternya adalah satelit.

hal tersebut berlaku juga untuk data lainnya( tidak hanya audio).

sejarah gelombang radio

gelombang radio pertama kali dicetuskan oleh seorang matematikawan dari kerajaan inggris yang bernama James Clerk Maxwell pada tahun 1867. ia memprediksi bahwa medan listrik dan magnet yang digabungkan dapat melakukan perjalanan ruang dan waktu sebagai “gelombang elektromakgnetik”.

sejarah gelombang radio
Heinrich Rudolf Hertz

pada tahun 1887 fisikawan asal jerman yang bernama Heinrich Hertz berhasil mendemonstrasikan teori gelombang elektromagnetik tersebut dalam bentuk radio wave di laboratoriumnya.

sekitar tahun 1894-1895 seseorang dari italia yang bernama Guglielmo Marconi mengembangkan pemancar dan penerima sederhana yang bertujuan untuk mengirim data. berkat penemuannya itu, komunikasi menggunakan gelombang radio mulai marak digunakan pada tahun 1900.

jenis gelombang radio

ada 9 tipe gelombang radio yang didasarkan pada panjang gelombang dan frekuensinya yaitu:

Bandfrekuensipanjang gelombang
Extremely Low Frequency (ELF)<3 kHz>100 km
Very Low Frequency (VLF)3 to 30 kHz10 to 100 km
Low Frequency (LF)30 to 300 kHz1 m to 10 km
Medium Frequency (MF)300 kHz to 3 MHz100 m to 1 km
High Frequency (HF)3 to 30 MHz10 to 100 m
Very High Frequency (VHF)30 to 300 MHz1 to 10 m
Ultra High Frequency (UHF)300 MHz to 3 GHz10 cm to 1 m
Super High Frequency (SHF)3 to 30 GHz1 to 1 cm
Extremely High Frequency (EHF)30 to 300 GHz1 mm to 1 cm

1.Gelombang rendah (Short wave)

Gelombang rendah memiliki frekuensi yang tergolong tinggi, dan memiliki area jangkauan (coverage area) yang luas. sayangnya gelombang jenis ini mudah sekali mengalami noise yang berasal dari alam, contohnya dari matahari, hujan, petir, dsb. gelombang ini sering digunakan untuk pemancar internasional dan pemancar antar benua.

2. Gelombang menengah (medium wave)

Gelombang medium memiliki area jangkauan yang tidak terlalu jauh namun memiliki kekuatan frekuensi yang lumayan besar. gelombang jenis ini sudah bisa digunakan untuk mengirim data yang relatif besar seperti audio. oleh karena itu, gelombang jenis ini sering digunakan oleh stasiun radio untuk menyiarkan program mereka.

3.Gelombang panjang (longwave)

Glombang panjang (long wave) dapat menjangkau area yang sangat luas, namun dalam mengoperasikannya, diperlukan daya listrik yang sangat tinggi, sehingga cukup mahal. gelombang ini lebih tahan dari noise cuaca dibanding yang lain. sehingga hasil penyiarannya lebih bagus.

karakteristik gelombang radio

gelombang radio memiliki karakteristik yang membuatnya berbeda dengan media transmisi nirkabel lainnya, yaitu:

  1. perambatan dari gelombang ini tidak memerlukan media penghatar seperti udara, sehingga gelombang ini dapat merambat di ruang hampa. karena kelebihannya tersebutlah gelombang radio biasa digunakan pada satelit dan teknologi ruang angkasa lainnya.
  2. Dapat mengalami polarisasi karena gelombang ini termasuk gelombang elektromagnetik yang merupakan gelombang tranversal.
  3. memiliki kecepatan cahaya.
  4. tidak memrlukan penyelarasan antena dalam penggunaannya.
  5. arah rambatannya tidak dipengaruhi oleh medan listrik dan magnet
  6. Dapat mengalami pemantulan, pembiasan, interferensi dan difraksi layaknya media transmisi unguided lainnya.

Contoh penggunaan gelombang radio

inilah beberapa contoh pemanfaatan gelombang radio dalam kehidupan sehari hari:

1.Radio

manfaat gelombang radio yang pertama adalah radio. radio adalah sebuah alat elektronik yang digunakan sebagai alat komunikasi dalam bentuk suara. seperti yang saya katakan diatas, sebuah stasiun radio akan mengirimkan suara dalam bentuk sinyal listrik yang disebar luaskan menggunakan gelombang radio. ada 2 metode untuk menyiarkannya yaitu dengan teknik modulasi dan teknik radiasi (am dan fm).

2. Televisi

stasiun televisi, khususnya televisi analog memanfaatkan gelombang radio untuk menyiarkan programnya ke seluruh dunia. data tersebut dipancarkan oleh menara pemancar dalam bentuk sinyal analog yang kemudian ditangkap oleh antena televisi dan diubah menjadi sinyal digital.

3.Radar

radio wave juga bisa dimanfaatkan dalam penggunaan radar. radar sendiri sering digunakan pada pesawat terbang, kapal laut, kapal selam, dan kendaraan lainnya. radar bisa digunakan untuk mengetahui objek yang berada di sekitarnya. selain menggunakan gelombang radio, radar juga biasa dibuat menggunakan gelombang mikro.

4.Ponsel

ponsel adalah barang yang setiap hari kita bawa dan kita gunakan. dalam penggunaannya kita tidak perlu menggunakan antena untuk menangkap sinyal dari ISP kenapa hal tersebut bisa terjadi? tentu saja karena Ia menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya.

5.WI-FI

bukan hanya ponsel yang menggunakan gelombang radio, Wifi yang biasa kita pakai juga loh, oleh sebab itu ia tidak memerlukan penyelarasan antena dalam penggunaannya. dan kita bisa lamgsung menggunakannya di ponsel,laptop ataupun device lainnya.

bahaya gelombang radio

faktanya, gelombang radio juga memiliki dampak buruk terutama bagi kesehatan orang yang terpapar dalam jangka waktu panjang, apa saja dampak buruk yang ditimbulkan gelombang ini? mari kita bahas.

  • dapat menyebabkan katarak
  • dapat menyebabkan kanker
  • dapat membuat kulit menjadi hitam
  • menurunkan kekebalan tubuh penggunanya.
  • dapat menyebabkan kemandulan
  • dapat merusak susunan sel dan dna mahluk hidup
  • dapat menyebabkan nyeri di sekitar kepala, telinga,tenggorokan serta beberapa bagian tubuh lainnya yang sering terpapar.
  • dapat menyebabkan kerusakan otak.
  • dalam beberapa kasus yang langka, gelombang ini dapat menyebabkan alergi akut.

Kelebihan gelombang radio

ada beberapa kelebihan yang dimiliki gelombang ini, diantara lain:

  • dapat digunakan di ruang hampa udara
  • tidak memerlukan kabel dalam penggunaannya
  • dapat mengirim dapat dengan sangat cepat
  • tidak memerlukan penyelarasan antena
  • dapat digunakan untuk navigasi
  • memiliki cakupan area yang cukup luas
  • dapat menembus dinding

kekurangan gelombang radio

ada beberapa kekurangan yang dimiliki gelombang ini, diantara lain:

  • Mudah mengalami gangguan yang disebabkan oleh alam
  • bisa terjadi efek propagasi
  • kurangnya keamanan (karena sinyal ini bersifat publik, tanpa adanya pengamanan khusus maka data bisa diambil oleh orang lain)
  • harga pemasangan dan perawatan terglong mahal.

itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian gelombang radio ,sejarah, karakteristik, manfaatnya, bahaya bagi kesehatan, contoh penggunaan serta kelebihan dan kekurangannya, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *