Pengertian gelombang mikro manfaat ,sejarah serta karakteristiknya

1 min read

Pengertian gelombang mikro manfaat ,sejarah serta karakteristiknya

gelombang mikro atau microwaves adalah salah satu gelombang elektro magnetik dengan panjang gelombang antara 1 meter hingga 1 milimeter. dengan frekuensi di antara 300 MHz sampai 300GHz.

gelombang microwave merambat dalam garis lurus , mereka tidak mudah terpengaruh oleh gaya gravitasi.namun mereka sulit untuk melewati rintangan seperti pegunungan, bukit, dan tembok.

Cara kerja gelombang mikro

Pengertian gelombang mikro manfaat ,sejarah serta karakteristiknya

gelombang mikro memerlukan bantuan antena untuk mentransmisikan data. ia mampu mentransmisikan data hingga kecepatan 45 Mbps. tapi, karena ia merambat lurus maka diperlukan penyesuian arah pengirim dan penerima agar data bisa sampai ditujuan.

Sejarah gelombang mikro

microwaves pertama kali ditemukan pada tahun 1890 dalam percobaan radio awal, dan dijuluki dengan “invisible light” atau cahaya yang tak terlihat. hal tersebut didasari dari teori Clerk Maxwell tentang electromagnetism, ia berkata bahwa pasangan dari medan listrik dan medan magnet dapat melakukan perjalanan melalui ruang sebagai gelombang elektromagnetik, dan berkata bahwa cahaya terdiri dari gelombang elektromagnetik panjang dan pendek.

percobaan besar tentang microwave terjadi pada tahun 1931 dimana gelombang ini dicoba untuk melewati selat inggris sejauh 40 mil. dan digunakan untuk menyampaikan data telephone, telegraf dan faksimil.

baca juga: pengertian gelombang radio

manfaat gelombang microwaves

gelombang mikro adalah gelombang elektromagnetik yang dapat digunakan untuk banyak hal, mulai dari komunikasi,pengiriman data, hingga memasak. sekarang mari kita bahas lebih detail tentang penerapan-nya sehari-hari.

  • komunikasi
  • navigasi
  • radar
  • sistem pemanas
  • mengobati kanker dan tumor

1.komunikasi

gelombang ini biasa digunakan sebagai media transmisi data. karena frekuensinya yang tinggi, gelombang ini mampu mengirim data dengan sangat cepat hingga 45 MBps. penggunaan wifi dan bluetooth adalah contoh penerapan gelombang micro dalam komunikasi

2.navigasi

banyak sistem navigasi global yang memanfaatkan microwaves, contohnya saja American Global Positioning System yang dikenalkan pada tahun 1978, menggunakan gelombang ini sebagai alat navigasi.

3.Radar

Pengertian gelombang mikro manfaat ,sejarah serta karakteristiknya

karena kecepatannya yang tinggi, gelombang mikro dapat mendeteksi benda di sekitar dengan cepat dan akurat,oleh karena itu ia digunakan sebagai Radar(Radio Detection and Ranging), penerapannya dapat kita lihat pada radar kapal laut dan pesawat.

4.Sistem pemanas

asal gelombang ini adalah cahaya, oleh karena itu ia memiliki radiasi panas. radiasi ini biasanya dimanfaatkan untuk memanaskan benda yang biasa kita sebut microwaves oven. benda/makanan di dalam microwaves oven akan ditembak dengan radiasi panas sehingga cepat matang walau tidak menggunakan api.

5.mengobati kanker dan tumor

dalam dunia medis, microwaves biasa digunakan untuk menghancurkan kanker/tumor.cara kerja hampir sama dengan microwaves oven, yaitu menembakan radiasi ke sumber kanker sehingga dengan panas tersebut sumber kanker/tumor dapat mati.

ciri-ciri gelombang mikro

gelombang micro memiliki karakteristik/ ciri khas sebagai berikut:

  1. memiliki frekuensi 300 MHz sampai 300GHz.
  2. memiliki panjang gelombang 1mm -1m
  3. merambat pada bidang yang lurus

itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai gelombang mikro, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *