pengertian Data Scientist – Gaji,skill dan tanggung jawab

4 min read

Apa itu data scientist

pengertian Data Scientist Gaji,skill dan tanggung jawab – saat ini, sidah banyak sekali pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi komputer, namun baru-baru ini muncul satu pekerjaan baru lg di bidang tersebut yang digadang gadang akan menjadi pekerjaan dengan gaji terbesar mengalahkan pekerjaan lainnya di bidang komputer. tak lain dan tak bukan, pekerjaan tersebut adalah data scientist, lalu apa pengertian dari data scientist? dan berapa gaji yang di dapat data scientist? mari kita bahas.

Pengertian Data Scientist

apa itu Data Scientist / Pengertian Data Scientist / Ilmuwan Data adalah orang yang mengatur data dalam jumlah besar, mengumpulkan dan menganalisis sekumpulan besar data terstruktur dan tidak terstruktur. Peran data scientist perlu menggabungkan ilmu komputer, statistik, dan matematika. Mereka akan menganalisis, proses, dan pemodelan data dan kemudian menginterpretasikan hasil tersebut untuk membuat rencana bagi perusahaan dan organisasi lainnya

Data scientist harus ahli data analytics dan memanfaatkan keterampilan mereka dalam teknologi dan ilmu sosial untuk menemukan tren dan mengelola data.

Karya seorang Data scientist biasanya membuat sebuah informasi dari data yang berantakan dan tidak terstruktur, dari sumber seperti android, sosial media, dan email yang tidak dimasukkan ke dalam database secara rapih

Namun, keterampilan teknis bukan satu-satunya hal yang penting. Para ilmuwan data yang sering ada di lingkungan bisnis juga ditugaskan untuk mengkomunikasikan ide-ide yang kompleks dan membuat keputusan organisasi yang didorong oleh data. Akibatnya, sangat penting bagi mereka untuk menjadi komunikator yang efektif, pemimpin dan anggota tim data analytics.

Data scientist berpengalaman biasanya memiliki pengalaman lebih dari sepuluh tahun dan ditugaskan untuk mengembangkan praktek-praktek terbaik perusahaan, mulai dari membersihkan data, melakukan pengolahan data dan menyimpan data. Mereka bekerja lintas-fungsional dengan tim lain di seluruh organisasi mereka, seperti pemasaran, keberhasilan pelanggan, dan operasi. Mereka sangat dicari di berbagai jenis perusahaan dan komunitas, terbukti dengan gaji mereka yang sangat besar.

baca: 6 tips untuk anda yang ingin belajar data science

Cara Menjadi Data Scientist pada tahun 2020

cara menjadi data scientist

1.Mengejar gelar sarjana dalam bidang data science atau bidang yang berkaitan

Anda memerlukan setidaknya gelar sarjana di bidang ilmu data, matematika, statistik, ilmu komputer untuk mendapatkan posisi Anda sebagai ilmuwan Data entry-level. Gelar juga dapat diperkuat dengan menambahkan struktur, magang, jaringan dan diakui kualifikasi akademik untuk resume Anda. Namun, jika Anda telah menerima gelar sarjana di bidang yang berbeda, Anda mungkin perlu fokus pada pengembangan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan melalui kursus singkat online atau bootcamps.

2.Pelajari keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang ilmuwan Data

  • Pemrograman
  • Teknik Mesin Belajar/machine learning
  • Data visualization dan
  • Analisis resiko
  • Statistik dan Analisis Matematika
  • Komunikasi yang efektif
  • Software Engineering skill
  • Data Mining, data cleaning dan pengolahan data
  • Penelitian
  • Big data Platform
  • Cloud Tools
  • Struktur dan data warehousing

Daftar ini selalu dapat diubah. Anmol rajpurohit seperti yang disarankan dalam pedoman untuk menjadi seorang ilmuwan data,

“keterampilan pemrograman umum jauh lebih penting daripada menjadi spesifik ahli bahasa pemrograman.”

Anmol rajpurohit

3.Pilih spesialisasi


para ilmuwan biasanya mengkhususkan ilmu dalam industri tertentu atau mengembangkan keterampilan yang kuat dalam berbagai bidang seperti Artificial Intellegent, machine learning, penelitian, atau manajemen basis data.

Spesialisasi adalah cara yang baik untuk meningkatkan potensi penghasilan Anda dan melakukan pekerjaan yang penting untuk Anda.

4.Mendapatkan pekerjaan entry level pertama Anda sebagai seorang ilmuwan Data

Setelah memperoleh keterampilan dan / atau spesialisasi yang tepat, Anda harus siap untuk peran data science pertama Anda! Ini mungkin berguna untuk membuat portofolio online untuk menampilkan beberapa proyek dan menunjukkan prestasi Anda kepada calon bos.

Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan sebuah perusahaan di mana ada ruang untuk mengembangkan skill di bidang data science. dulu Anda mungkin tidak memiliki gelar ilmuwan data, tetapi anda bisa mengambil peran sebagai analitis. Anda akan segera belajar bagaimana bekerja dalam tim dan praktik terbaik yang akan mempersiapkan Anda untuk posisi yang lebih senior.

Sertifikasi Data scientist tambahan dan studi pasca-sarjana

Berikut adalah contoh sertifikasi yang berfokus pada keterampilan yang berguna:

Certified Analytics Professional (CAP)

CAP diciptakan oleh Lembaga Riset Operasi dan Ilmu Manajemen (menginformasikan) dan ditargetkan untuk ilmuwan data. Selama ujian sertifikasi, calon harus menunjukkan kemampuan mereka dari proses analisis end-to-end. Ini termasuk masalah bisnis framing dan analitik, data dan metodologi, pengembangan model, penyebaran, dan manajemen siklus hidup.

SAS Bersertifikat prediktif Modeler menggunakan SAS Enterprise Miner 14

Sertifikasi ini dirancang untuk pengguna SAS Enterprise Miner yang melakukan analisis prediktif. Calon harus memiliki pemahaman yang menyeluruh dan fungsi praktis untuk pemodelan prediktif tersedia di SAS Enterprise Miner 14.

Tanggung Jawab Data Scientist

“Seorang Data scientist adalah orang yang lebih baik dalam statistik daripada insinyur perangkat lunak dan lebih baik dalam rekayasa perangkat lunak daripada statistik”. – Josh Wills perbedaan antara ilmuwan data dan statistik

tanggung jawab seorang ilmuwan dari data dapat meliputi:

  • Memecahkan masalah bisnis melalui penelitian sendiri dan pertanyaan framing industri terbuka
  • Mengekstrak data dengan volume besar yang terstruktur maupun tidak terstruktur. Mereka terkadang meminta menstrukturkan data dari database relasional menggunakan bahasa pemrograman seperti SQL. Mereka mengumpulkan data terstruktur melalui scraping web, API, dan survei.
    Menggunakan metode analisis canggih, machine learning dan metode statistik untuk mempersiapkan data untuk digunakan dalam pemodelan prediktif dan preskriptif
  • Membersihkan data secara menyeluruh untuk membuang informasi yang tidak relevan dan mempersiapkan data untuk preprocessing dan pemodelan
  • Lakukan analisis data eksplorasi (EDA) untuk menentukan bagaimana untuk menangani data yang hilang dan mencari tren dan / atau peluang
  • Menemukan algoritma baru untuk memecahkan masalah dan program membangun untuk mengotomatisasi tugas yang berulang
  • Berkomunikasi prediksi dan temuan kepada manajemen dan departemen TI melalui visualisasi dan data yang efektif pelaporan
  • Kenalkan perubahan pada prosedur dan strategi hemat biaya ada

Setiap perusahaan akan memiliki tugas pekerjaan yang berbeda. Beberapa ilmuwan memperlakukan data mereka sebagai analis data atau bekerja sama dengan data engineer. lainnya memerlukan ahli data analytics yang terampil dalam intens pembelajaran mesin dan visualisasi data.

Ketika para ilmuwan data yang mencapai tingkat pengalaman baru atau mengubah pekerjaan, tanggung jawab mereka selalu berubah. Misalnya, seseorang yang bekerja sendirian di perusahaan menengah dapat menghabiskan sebagian besar hari dalam data cleaning. karyawan tingkat tinggi dalam bisnis yang layanan berbasis data dapat diminta untuk mengerjakan proyek data yang besar atau membuat produk baru.

baca: apa itu data science

Gaji Data Scientist

Gaji data Scientist

setelah kita membahas berbagai seluk beluk data scientist, tak lengkap rasanya jika kita tak membahas gajinya.

Menurut Burtchworks, para ilmuwan memiliki pekerjaan advanced di bidang data industri teknologi memperoleh gaji rata-rata $ 85 143 atau sekitar 1,2 milliar rupiah/tahun dan ilmuwan data yang yang bekerja di konsultan senior perusahaan memperoleh gaji rata-rata $ 158 462 atau sekitar 2,2 milliar rupiah/tahun.

Karakteristik Data scientist

Data scientist tidak hanya untuk memahami bahasa pemrograman, manajemen database, dan bagaimana untuk mengubah data menjadi visualisasi – mereka secara alami ingin tahu tentang dunia di sekitarnya, tetapi melalui lensa analitis. Memiliki ciri-ciri kepribadian yang menyerupai departemen jaminan kualitas data.

diperlukan Scientist yang teliti untuk meninjau sejumlah besar data dan mencari pola dan jawaban. Mereka juga kreatif dalam membuat algoritma baru untuk scraping data atau mengatur database data warehouse terorganisir.

Secara umum, para profesional di bidang ilmu data harus tahu bagaimana berkomunikasi dalam beberapa mode yang berbeda, yaitu untuk tim, stakeholder, dan klien mereka. Mungkin ada banyak rintangan, tetapi para ilmuwan data harus memiliki dorongan dan sabar dalam penelitian mereka.

Ilmuwan data yang sukses memiliki latar belakang teknis yang kuat, tetapi para ilmuwan data terbaik juga memiliki intuisi yang hebat tentang data. Apakah fitur-fiturnya yang dibuat bermakna, dan apakah itu informasi yang didapat mencerminkan apa seharusnya dimaksud? Mengingat bagaimana cara anda didistribusikan, model mana yang harus Anda gunakan? Apa artinya jika suatu nilai hilang, dan apa yang harus Anda lakukan dengannya? Ilmuwan data terbaik juga hebat dalam berkomunikasi, baik dengan ilmuwan data lain maupun orang non-teknis. Agar efektif di Airbnb, analisis kami harus ketat secara teknis dan disajikan dengan cara yang jelas dan dapat ditindaklanjuti kepada anggota perusahaan lainnya.

Lisa Qian, Data Scientist at Airbnb

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi Data Scientist

Programming:Python, SQL, Scala, Java, R, MATLAB

Machine Learning:Natural Language Processing, Classification, Clustering,
Ensemble methods, Deep Learning

Data Visualization:Tableau, SAS, D3.js, Python, Java, R libraries

Big data platforms:MongoDB, Oracle, Microsoft Azure, Cloudera

untuk tools kamu bisa buka tools yang paling sering digunakan untuk data science

baca : Skill yang dibutuhkan untuk menjadi data scientist

Itulah beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengenai pengertian Data Scientist Gaji,skill dan tanggung jawab, semoga dapat menambah wawasan anda tentang bidang pekerjaan ini. sampai jumpa di artikel selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *