data flow diagram (dfd)

Pengertian Data Flow diagram(DFD) simbol,fungsi , contoh

Diposting pada

Pengertian Data Flow Diagram / DFD simbol,fungsi serta contohnya – DFD merupakan salah satu contoh data modelling yang sering kita gunakan, fungsinya tentu saja untuk memudahkan kita dalam medesign sistem, namun apa pengertian DFD? dan bagaimana cara membuatnya? mari kita bahas.

Pengertian DFD

Apa itu DFD? Pengertiam Data Flow Diagram (DFD) adalah cara untuk mewakili aliran data dari suatu proses atau sistem (biasanya sistem informasi). DFD juga menyediakan informasi tentang output dan input dari masing-masing entitas dan proses yang terjadi. DFD tidak memiliki kontrol aliran, tidak ada aturan dan tidak ada loop.beberapa operasi sepsifik yang dibuat berdasarkan data dapat diwakili oleh flowchart.

Data flow diagram digunakan untuk mewakili setiap process data yang terjadi di dalam informasi bisnis. DFD menggambarkan proses yang terjadi dalam suatu sistem dari mulai mentransfer data dari file input ke penyimpanan sampai pembuatan laporan.

baca: apa itu data science

Fungsi Data Flow Diagram

DFD adalah sebuah gambaran yang dibuat oleh orang yang profesional untuk menginformasikan bagaimana sebuah sistem dibangun berdasarkan hubungan antar aliran data.

Diagram ini digunakan sebagai rancangan dalam membangun sebuah sistem,namun biasanya diagram ini juga digunakan sebagai alat dokumentasi yang akan diserahkan kepada client.

baca juga: cara membuat dfd secara online

Data Flow Diagram Logis dan Fisik

Data flow diagram dapat dibagi menjadi DFD logis dan DFD fisik. data logis menggambarkan seluruh aliran proses data yang terjadi pada sistem termasuk aliran data yang masuk dan keluar dari pemrosesan tersebut.

Data flow diagram Fisik adalah diagram yang menunjukan gambaran bagaimana suatu sistem akan di implementasikan, termasuk hardware, software, file, dan orang-orang dalam sistem.

Diagram ini diperlukan agar semua proses implementasi dari diagram flow dapat di jalankan dengan baik dan benar.

baca : apa itu data management

3 Level DFD

dalam data flow diagram, terdapat 3 level yaitu:

diagram konteks

Diagram konteks adalah diagram yang memberikan gambaran singkat dan ini adalah tingkat tertinggi dalam diagram aliran data,Diagram Context berisi satu proses yang mewakili seluruh proses pada sistem. dan diagram ini harus dipecah menjadi beberapa proses tersendiri untuk mempresentasikan alur proses yang sesungguhnya terjadi.

DFD Level 1(Diagram 0)

Diagram 0 adalah hasil pecahan dari diagram Konteks. Diagram ini mewakili proses yang lebih detail dari setiap peroses.di dalam diagram ini juga memuat penyimpanan

DFD Level 2 (diagram rinci)

setelah beberapa aliran proses dibuat, ada kalanya kita memerlukan rincian dari setiap peroses dan di saat inilah digram rinci diperlukan. Diagram rinci adalah digaram yang mengurai proses yang terjadi di diagram 0.

baca: apa itu pengolahan data

Simbol Data Flow Diagram

Process

symbol proses data flow diagram

Simbol ini melambangkan suatu proses input dan menghasilkan output dengan konten yang berbeda. contoh sederhananya symbol ini digunakan saat mengumpulkan input dari sumber dan menyimpannya di dalam database namun terkadang ada proses yang rumit juga seperti merubahnya menjadi sebuah laporan.

nama dari symbol ini dibuat dari kata kerja dan diikuti dengan kata benda tunggal, contoh:

  • cara pembayaran
  • hitung gaji
  • verifikasi pesan
contoh penggunaan process dfd
contoh penggunaan process dfd

Data Flow

symbol data flow dfd

Data Flow adalah symbol yang menunjuka aliran dari sebuah proses ke proses lainnya. Data flow dapat mewakili sebuah data tunggal ataupun sebuah struktur data.

peraturan dalam menggunakan data flow

Data Flow memiliki aturan yang harus diikuti yaitu setiap penggunaan data flow harus diawali atau diakhiri oleh symbol proses. hal ini dikarena suatu data tidak dapat merubah dirinya sendiri menjadi sebuah proses. hal ini juga memudahkan kita untuk mentracing seluruh aliran data dan memperbaiki kesalahan.

Data Store

symbol data store

Data Store atau Data Repository adalah simbol dimana kita perlu melakukan penyimpanan terhadap data yang sudah dioleh, data tersebut biasanya diperlukan di proses lain sehingga perl disimpan.

External Entity

External Entity adalah pihak atau sumber lain yang akan menyediakan data ke sistem atau menerima output dari sistem. Symbol ini mewakili bagaimana cara sebuah sistem berinteraksi dengan dunia luar.

contoh Data flow diagram

contoh data flow diagram dfd
contoh dfd

itulah beberapa hal yang bisa anaktik.com sampaikan mengenai Pengertian DFD simbol,fungsi serta contohnya. semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *