contoh HTML dan CSS

Contoh HTML dan CSS

Diposting pada

Untuk anda yang sedang belajar pembuatan website, contoh HTML dan CSS pastinya menjadi salah satu kata yang paling sering dicari di google bukan? Sebenarnya mempelajari kedua hal ini bukan hal yang sulit. Namun diperlukan ketekunan untuk memahaminya.

Selain tekun, anda juga harus mengimbanginya dengan rajin melakukan praktik. Dengan sering melakukan praktik, apa yang sudah anda pelajari tidak akan mudah untuk dilupakan. Namun sebelumnya sangat baik bagi anda untuk memahami apa itu HTML dan CSS terlebih dahulu.

Dengan memahami kedua istilah tersebut, anda pasti bisa memahami contoh yang akan kami berikan di bawah ini dengan lebih mudah. Jadi nantinya anda bisa praktek secara langsung tanpa copas. Langsung saja, ini dia penjelasan lengkapnya.

Pengertian HTML dan CSS

Dari sekian banyak bahasa pemrograman dasar yang sering digunakan oleh para developer, HTML merupakan salah satu yang paling populer. HTLM atau HyperText Markup Language ini bisa anda gunakan untuk membuat halaman pada browser, landing page, dan static page lainnya. Pahami hal ini lebih dulu sebelum anda mencari contoh HTML dan CSS di internet.

Sedangkan CSS atau Cascading Style Sheet adalah bahasa pemrograman pada web yang berfungsi untuk membuat komponen pada web lebih seragam, terstruktur, dan terkendali oleh admin. Tampilan web juga menjadi jauh lebih cantik dibanding hanya menggunakan HTML dasar saja.

Contoh HTML Dasar untuk Pemula

Memahami contoh HTML dan CSS untuk pemula sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun ada hal dasar yang paling utama harus anda lakukan untuk memulai belajar adalah memahami kode-kode dasar dari HTML dan CSS itu sendiri. Agar lebih jelasnya, perhatikan contoh script HTML dasar di bawah ini.

Pada contoh di atas bisa dilihat kalau kode HTML dibuka dengan <html> dan ditutup dengan </html>. Begitu juga dengan Body. Sedangkan untuk judul menggunakan kode <head> dan <title>. <body bgcolor> adalah background konten. FFFFFF memiliki arti warna putih.

Tentunya masih ada banyak lagi jenis kode lain yang harus anda pahami. Namun landasan dasar dari HTML adalah kode-kode diatas. Pahami dan ingat kode-kode di atas dengan baik agar anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Contoh CSS Dasar untuk Pemula

CSS berguna untuk memperindah kode HTML yang sudah anda buat sebelumnya. Jadi jenis koding satu ini bisa menambahkan efek, warna, ukuran, dan lain-lain terhadap tampilan website anda. Adapun beberapa contoh kode CSS dasar yang bisa Anda gunakan adalah seperti di bawah ini:

Apabila script style.CSS di atas dikombinasikan dengan script yang sudah anda buat sebelumnya, maka tampilan website anda akan secara otomatis berubah dengan konsep desain yang jauh lebih baik lagi.

Sebenarnya untuk dapat memahami HTML dan CSS bukanlah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Hanya saja anda harus sering latihan dan praktek untuk mengembangkan kemampuan anda. Coba terapkan contoh HTML dan CSS yang sudah kami jelaskan di atas agar anda bisa memahaminya dengan lebih baik.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *