Contoh Data Follow Diagram Level 0 1 2

Diposting pada

anaktik.com – Setelah mengetahui bagaimana cara membuat dfd maka kini kami akan memberikan contoh data follow diagram. Ketika Anda telah mengetahui cara membuatnya kini saatnya praktek dan bisa segera direalisasikan pada kegiatan sebenarnya. Untuk itu simak artikel berikut ini dengan benar.

Untuk beberapa yang harus diperhatikan adalah mengenai komponennya adalah salah satunya entitas eksternal kami akan membuat contoh 3 entitas pegawai, direktur dan personalia. Dari ketiga entitas tersebut akan dikembangkan dengan menggunakan input proses output. Namun dalam hal ini ada perbedaan.

Perbedaan ada pada contoh data follow diagram level 0, 1 dan 2 terletak pada prosesnya, semakin level bertambah maka semakin kompleks pula proses yang terjadi. Hal ini akan memberikan banyak garis dan simbol. Sebelum itu maka perhatikan dahulu tugas masing – masing dari ketiga etitas tersebut.

Keterangan DFD Sederhana

Berawal dari 3 entitas tersebut harus diketahui fungsi masing – masing. Pegawai berfungsi mengirimkan data pribadi kepada sistem. Dokumen tersebut juga akan dijadikan sebagai landasan personalia untuk dilaporkan kepada direktur. Perubahan dokumen juga bisa diisi oleh pegawai sebagai landasan dokumen diri pribadi pegawai.

Dalam contoh data follow diagram entitas selanjutnya adalah direktur adalah sebagai output dari pelaporan gaji karyawannya, laporan gaji berdasarkan hasil yang diserahkan dari pegawai sehingga jika ada perubahan misalnya terjadi jam lembur maka direktur bisa memantau gaji pegawainya tersebut.

baca : Pengertian Data Flow diagram(DFD) simbol,fungsi , contoh

Entitas ketiga adalah personalia tugasnya menerima data pegawai dengan laporan lengkap. Dalam contoh data follow diagram personalia mengeluarkan hasil slip gaji, merekap absensi pegawai dan lain – lain. Jadi jika digambarkan dalam DFD sederhana atau level 0 maka pegawai sebagai input outputnya slip gaji.

Direktur akan input data untuk jabatan, banyaknya upah perjam, dan jumlah upah lembur sedangkan untuk output laporan gaji karyawan dan beberapa laporan catatan para karyawan. Sedangkan personalia input rekap catatan absensi pegawai dan rekap lembur, outputnya adalah laporan dokumen karyawan. Jasil tersebut akan diserahkan pada direktur.

DFD Level 1 dan 2

Untuk mempelajari sistem DFD level 1 dan 2 contoh data follow diagram ini akan berangkat dari diagram sederhana di atas. Dalam level 1 pencatatan dokumen, perhitungan gaji karyawan serta pembuatan laporan. Dengan keterangan sebagai berikut karyawan memberikan input data di sistem pencatatan dokumen.

Dari data input pegawai atau karyawan tersebut bisa diinput ke sistem pembuatan laporan yang nantinya akan dilaporkan pada direktur dan juga pihak personalia. Pada contoh data follow diagram sistem yang kedua adalah mengenai perhitungan gaji pegawai yang menjadi outnya adalah slip gaji.

Baca juga : cara membuat dfd secara online menggunakan WHIMSICAL

Dengan begitu dari hasil beberapa contoh di atas bisa memberikan banyak gambaran mengenai diagram flow. Sistem ini banyak digunakan dalam sistem yang sudah ada di perkantoran, sekolah, rumah sakit dan masih banyak lagi tak terhitung jumlah pengunanya. Kegunaan yang serba canggih ini bisa membantu manusia dalam menangani dokumen. Jadi data follow diagram ini memberikan banyak manfaat.

0
Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *