cara membuat website lebih cepat diakses

Cara Membuat Website Lebih Cepat Diakses

Diposting pada

anktik.com – akan memberikan tips Bagaimana cara membuat website lebih cepat diakses dan anti lelet? Kecepatan website sendiri adalah waktu yang dibutuhkan suatu halaman web dapat dimuat di browser. Mungkin kita lebih familiar dengan istilah kecepatan loading website.

Saat kita mengakses suatu situs maka ada 3 proses yang terjadi diantaranya proses pengiriman file, proses merespon pengiriman file dan proses memuat halaman website. Kecepatan loading situs menjadi salah satu indikator sukses atau tidaknya pengelolaan situs tersebut.

Sehingga bagi para pemilik situs biasanya akan berupaya untuk meningkatkan kecepatan website. Tujuan utamanya tentu untuk meningkatkan pengalaman pengunjung agar mendapatkan akses yang lebih cepat saat masuk ke situs. Ketahui beberapa cara membuat website lebih cepat diakses dan faktor-faktor yang mempengaruhinya disini.

Faktor-Faktor Penyebab Kecepatan Website Lambat

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat website lebih cepat diakses, ketahui terlebih dahulu hal-hal yang dapat menyebabkan website menjadi lambat, diantaranya berikut ini:

  1. Menggunakan server hosting yang buruk
  2. Memilih tema website yang berat diakses
  3. Terlalu banyak memasang atau menginstal blokir di web
  4. Menampilkan terlalu banyak iklan
  5. Ukuran database yang terlalu besar

Selain terdapat beberapa faktor diatas ini, untuk kecepatan website yang sangat lambat juga dapat dipengaruhi oleh hal lainnya yang juga sangat penting. Misalnya dari faktor pengguna web itu sendiri karena perangkat yang kurang memadai, internet yang tidak stabil dan lainnya. Untuk meminimalisir web yang lambat, Anda bisa menggunakan cara membuat website lebih cepat diakses.

Cara Membuat Website Lebih Cepat Diakses

Sebelum menggunakan cara optimasi kecepatan web, sebelumnya Anda perlu melakukan tes kecepatan loading website terlebih dahulu. Karena melalui hasil tes kecepatan loading tersebut bisa digunakan sebagai patokan mana yang perlu di optimasi. Anda bisa menggunakan situs-situs yang menyediakan layanan analisis kecepatan website.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat meningkatkan kecepatan pada loading website:

  1. Optimasi pada gambar. Gambar yang ada di konten artikel atau web bisa menjadi salah satu penyebab loading lambat.
  2. Mengaktifkan caching. Dengan cara ini maka resource yang digunakan untuk mengakses website lebih kecil dari seharusnya. Anda bisa memanfaatkan plugin seperti LiteSpeedCache.
  3. Menghapus plugin-plugin yang tidak digunakan. Jika tidak terlalu berguna bagi web, disarankan untuk menghapus plugin yang telah terinstal.
  4. Menggunakan embed untuk video. Cara yang digunakan untuk menyajikan media tanpa harus menyimpannya terlebih dahulu di web.
  5. Dapat menggunakan CDN (content delivery network) yang biasa digunakan untuk mengirimkan konten-konten didalam website untuk pengunjung dari server terdekat. Penggunaan ini bisa meringankan beban server web agar loadingnya menjadi lebih cepat.
  6. Selalu update WordPress. Jangan lupa untuk melakukan update versi WordPress yang Anda gunakan karena dapat meningkatkan performa situs web cara mempercepat loadingnya.

Baca juga : Proses Transmisi Data Pada Jaringan Komputer

Selain beberapa cara membuat website lebih cepat diakses seperti yang telah kami sebutkan diatas, tentunya masih banyak tips-tips lainnya yang bisa dicoba agar dapat meningkatkan kecepatan loading, semoga bermanfaat.

0
Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *