cara membuat topologi jaringan

Cara Membuat Topologi Jaringan

Diposting pada

Seperti yang kita tahu, topologi adalah sebuah jaringan, cara membuat topologi jaringan bahkan bisa dilakukan dengan mudah oleh Anda di rumah. Langkah-langkah membuatnya memang sedikit mendorong sedikit lebih banyak usaha. Namun, nantinya akan puas ketika antar komputer bisa terhubung berkat pembuatan topologi oleh diri sendiri.

Topologi itu sendiri terdiri dari beberapa macam, lebih tepatnya berjumlah 8 jenis dimulai dari topologi jenis Ring hingga ke jenis hybrid. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing tergantung dari penggunaannya untuk apa. Maka, bila ingin membuatnya juga harus sesuai dengan intruksi yang ada.

Maka, kami di sini akan memberikan petunjuk sederhana kepada Anda tentang bagaimana cara membuat topologi jaringan dengan bantuan cisco packet tracer. Silakan simak petunjuk yang kami berikan di bawah ini. karena jumlahnya ada banyak, kami di sini akan contohkan 2 jenis sambungan dulu, yaitu jenis Bus dan Juga Ring. Anda juga bisa membaca pengertian topologi jaringan

Cara Membuat Topologi Jaringan Tipe Bus

Perlu Anda tahu, bila menggunakan tipe bus itu menggunakan jenis kabel coaxial yaitu jenis BNC, terminator dan TBNC. Ini, bisa kita bilang cukup sederhana untuk menghubungkan komputer satu dengan lainnya.

Cara membuat topologi jaringan bus, bisa anda lakukan mudah apabila memiliki aplikasi cisco packet tracer terlebih dulu. Maka, anda kami harapkan untuk mendownloadnya terlebih dulu pada PC Anda, kemudian, inilah langkah-langkahnya :

  1. Langkah pertama sudah pasti membuka aplikasi yang dimaksud di atas dan pilih tampilan kosongnya.
  2. Pilih switch dan tata segalanya dengan baik, apa yang ditampilkan pada layar agar mempermudah pengerjaan.
  3. Jangan lupa pilih end devices dan juga generic, kemudian tata ikon komputer secara selang-seling.
  4. Pemberian kabel dengan memilih menu connection > automatically choose connection type
  5. Lalu beri kabel pada switch dan selanjutnya pemberian IP hingga selesai penyusunannya.

Langkah Sederhana Membuat Topologi Jaringan Ring

Setelah kita membahas tentang cara membuat tipe bus, sekarang untuk jaringan lain, yaitu ring. Dalam mengawalinya, sama seperti di atas, yaitu dengan menginstal dulu aplikai cisco packet tracernya dulu.

Hal itu memang sangat mempermudah cara membuat topologi jaringan berbagai jenis. Inilah langkah-langkah sederhananya ketika membuat tipe ring :

  1. Langkah utama sama seperti di atas, yaitu poin satu dan juga dua.
  2. Untuk penataan komputer dan jaringan itu di susun secara melingkar. Jaringannya pada bagian dalam, sementara komputernya melingkar di bagian luar.
  3. Berilah kabel pada ikon-ikon yang telah disusun dengan automatically choose connection type.
  4. Dipastikan bahwa bentuk kabelnya berurutan hingga terlihat melingkar seperti cincin.
  5. Dan terakhir adalah memberikan IP dengan benar, pilih mana yang menjadi pertama. Kemudian cek, apakah semua komputer telah terhubung dengan baik atau tidak.

Baca Juga : pengertian jaringan satelit sejarah, manfaat, kelebihan dan kekurangan

Masih banyak jenis topologi yang bisa Anda pelajari. Di atas hanya kami berikan 2 contoh saja. Silakan untuk memahami bagaimana cara membuat topologi jaringan seperti penjelasan di atas, baru mencoba untuk jenis lainnya, Kami mengucapkan terimah kasih telah berkunjung pada website anaktik.com semoga artikel yang kami bagikan bermamfaat bagi anda semua.

0
Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *