cara membuat database dan tabel mysql di XAMPP

2 min read

cara membuat database dan tabel mysql di XAMPP

cara membuat database mysql di XAMPP – kali ini anaktik.com akan menjelaskan bagaimana cara membuat database beserta table tempat tersimpannya data di xampp baik menggunakan localhost maupun cmd.

apa itu database

database atau basis data adalah sekumpulan data dan informasi yang disimpan secara rapih di sebuah penyimpanan agar mudah untuk diakses dan digunakan kembali.

Suatu database memiliki sistem manajemennya sendiri yang diberi nama DBMS (database management system). pada contoh kali ini kita akan menggunakan Mysql sebagai Database Management systemnya.

database sendiri terdiri dari beberapa table yang mewakili sekumpulan data, misal table user, table penjualan dll.

sedangkan table terdiri dari beberapa entitas yang mewakili kumpulan data yang lebih kecil misal table user memiliki entitas username, password,email dll.

baca juga: pengertian RDBMS beserta contohnya

cara membuat database menggunakan localhost

untuk membuat database menggunakan localhost langkah yang harus dilakukan adalah:

1.buka xampp lalu klik start pada apache dan mysql.

2.selanjutnya kita akan masuk ke phpmyadmin menggunakan browser dengan cara mengetikan url localhost/phpmyadmin setelah itu akan muncul halaman seperti ini

cara membuat database mysql menggunakan localhost

jika tidak muncul tampilan seperti gambar diatas, kamu cukup menuliskan url localhost dan di bagian bawah akan terdapat link menuju phpmyadmin.

3.untuk membuat sebuah database baru kamu bisa mengklik tombol database yang terletak diatas ataupun tombol New disamping lalu memasukan nama database yang kamu inginkan. pada contoh kali ini kita akan membuat database dengan nama anaktik

4.jika muncul tulisan database created itu artinya database sudah selesai dibuat dan siap untuk digunakan

cara membuat table menggunakan localhost

agar database bisa digunakan, kita perlu membuat table terlebih dahulu. pada contoh kali ini kita akan membuat table user dengan column/entitas username, password dan email.

1.pilih database yang akan kita gunakan disebelah kiri layar.

2.dibagian create table masukan nama database yang kita inginkan yaitu user. dan banyak column yang diinginkan pada contoh kali ini kita memiliki 4 column yaitu id,username,password dan email.

3. setelah itu masukan nama, tipe data serta maksimal karakter dari masing masing table. karena username, password dan email menggunakan char maka kita akan mensetting semua tipe data selain id menjadi char.

cara membuat table mysql menggunakan localhost

4. setelah itu scroll ke kanan lalu kita harus mensetting column id menjadi primary key, kenapa? kalian bisa membaca aturan dasar pembuatan database dibawah.

5. klik create, jika tidak ada error maka table sudah berhasil dibuat

baca juga: pengertian mysql serta kelebihan dan kekurangannya

cara membuat database menggunakan cmd

selain menggunakan localhost yang sudah berbentuk gui, kita juga bisa membuat database mysql menggunakan cmd atau comand line caranya:

1.buka cmd atau command line lalu ketikan

setelah itu klik enter 2x. jika sebelumnya kalian sudah pernah mengganti username default mysql maka kalian perlu memasukan username dan password tersebut.

cara membuat database mysql menggunakan cmd

2. setelah itu kalian bisa melihat seluruh list database dengan mengetikan.

3. selanjutnya kita akan membuat database anaktik (nama database bebeas, bisa disesuaikan dengan keinginan). dengan cara mengetikan:

sampai disini database sudah berhasil kita buat, kalian bisa mengeceknya kembali dengan menjalankan perintah dibawah dan pastikan database yang baru kita buat sudah ada.

sampai disini, database mysql sudah berhasil dibuat.

cara membuat table menggunakan cmd

setelah membuat database, sekarang saatnya kita membuat table mysql menggunakan cmd, yaitu dengan cara:

1.login terlebih dahulu ke dalam database dengan cara mengetikan

lalu masukan password user mysql kalian.

2. setelah itu kita harus menselect database yang diinginkan dengan cara mengetikan

pada contoh kali ini kita menggunakan database anaktik jadi kita mengetikan

3. selanjutnya kita bisa membuat table dengan cara mengetikan format seperti ini

  • namaTable diisi dengan nama table yang kita inginkan.
  • nama diisi dengan nama column yang kita inginkan.
  • tipe diisi dengan tipe data column contoh: int,varchar,char,dll.
  • banyak diisi dengan banyaknya karakter pada column tsb
  • ….. diisi dengan settingan tambahan contoh: primary key, not null, auto_increment, dll.

pada contoh ini kita akan membuat table user dengan isi id sebagai primary key, username,password dan email dan semua data tidak boleh kosong. maka kita akan mengetikan:

cara membuat table mysql menggunakan cmd

sampai disini table sudah bisa digunakan, kita dapat mengecek strukturnya dengan cara mengetikan.

kenapa kita memerlukan primary key?

setiap kali membuat table, kita diharuskan membuat 1 primary key. primary key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel. Nilai dari primary key adalah unik, sehingga record di dalamnya harus berbeda antara satu dengan lainnya.

primary key dapat digunakan sebagai penghubung relasi antar table di dalam suatu database. selain itu, primary key juga sering digunakan dalam DML untuk menseleksi data spesifik baik untuk di read,update maupun delete.

oleh sebab itu pembuatan primary key diwajibkan saat kita membuat sebuah table. jika data yang diinput oleh user secara default sudah unik seperti nim,nik,no_anggota maka kita cukup mensettingnya sebagai primary key namun jika sebaliknya, kita bisa menggunakan auto increment agar setiap data yang diinput secara otomatis memiliki record yang berbeda antara satu dengan lainnya.

penutup

sekian penjelasan anaktik.com mengenai cara membuat database dan table mysql di xampp, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikle selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *