Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web dengan PHP Dan Mysql

Cara Membuat Aplikasi Berbasis Web dengan PHP Dan Mysql

Diposting pada

Kali ini kami akan menjelaskan mengenai cara membuat aplikasi berbasis web karena dalam kegiatan pembuatan website maka diperlukan sebuah cara. Kali ini kami akan menjelaskan beberapa informasi mengenai aplikasi berbasis php dan mysql. Php sendiri yang sering disispkan pada HTML, dalam sejarahnya PHP yaitu sering disebut dengan personal home page.

Bahasa pemrograman ini menggunakan sistem server side yang mana hasilnya akan diproses oleh server. Untuk membuat web yang menarik maka harus menggunakan php. Ada lagi 1 pasangannya yaitu dengan mysql. Mysql ini telah menjadi pasangan cocok yang akan menjadikan website Anda lebih menarik dan lengkap.

Dengan tutorial cara membuat aplikasi berbasis web ini diharapkan bisa memberikan banyak manfaat bagi manusia dan bisa memudahkan manusia dalam menggunakannya. Untuk itu dalam hal pengerjaan website harus ditangani dengan benar agar bisa menjadikan Anda sebagai pemilik web yang baik.

baca juga : Cara Install dan Konfigurasi Software PHP Apache dan MySQL

Bagaimana PHP dan Mysql Dihubungkan?

Dengan API (Application Programming Interface) maka Anda bisa menghubungkan antara PHP dan mysql, dan itu akan menjadikan modal cara membuat aplikasi berbasis web. Ada 3 jenis API Mysql yang disediakan oleh PHP yaitu PDO, MySQL improvement dan satu lagi sudah kadaluarsa atau tidak didukung.

Untuk menghubungkan maka cara pertama adalah menyiapkan data base, data ini berupa data yang akan dimasukkan dalam sistem. Judulnya juga disesuaikan dengan data, kemudian masukkan data melalui menu insert. Selanjutnya cara membuat koneksi ke data base MySQL menggunakan mysqli_connect () dengan parameter alamat server, user dan password.

Membuat halaman indeks juga termasuk dalam cara membuat aplikasi berbasis web. Rencananya akan meletakkan 2 link dihalaman indeks. Link pertama menuju pada form pendaftaran sedangkan link kedua ke halaman siswa. Menampilkan data mySQL buka list-siswa.php

Cara Menambahkan Data MySQL

Ada 2 file yang dibutuhkan yaitu form-daftar. Php halaman untuk form input dan proses- pendaftaran. Php skrip untuk proses data yang dimasukkan. Lebih baik dipisah saja namun bisa juga dijadikan satu. Jika dihasilkan 1 maka pemahamannya juga harus memerlukan ekstra pemahaman yang baik dalam cara membuat aplikasi berbasis web.

Setelah itu lakukan query penyimpanan, lalu melakukan pengecekan apakah querynya gagal atau berhasil. Dan untuk menghapus data dari MyQL dan update data bisa dilakukan dalam cara yang mudah. Dan untuk menjadi sebuah website yang menarik maka cara membuat aplikasi berbasis web diatas bisa Anda praktekkan.

Cara untuk memiliki web aplikasi yang baik memang rumit namun jika dilakukan dengan benar maka akan memberikan banyak manfaat. Dengan begitu manusia bisa terbatu dengan adanya aplikasi menarik tersebu. Jika Anda akan mencoba membuat aplikasi berbasis website maka bisa menggunakan cara membuat aplikasi berbasis web.

0
Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *