cara manipulasi string

Cara Manipulasi String

Diposting pada

Mencari tahu cara manipulasi string sangatlah penting karena hal tersebut sering diujikan dalam kompetisi atau competitive programming. Jika anda sebagai programing ingin mengetahui secara detail, perlu diketahui bahwa ada beberapa operasi yang sering dipakai, misalnya seperti penggunaan fungsi-fungsi dalam manipulasi hingga pendeklarasian variabel.

Dalam bahasa pemrograman C sendiri, string bisa dikatakan sebagai kumpulan dari karakter atau array of char yang diakhiri oleh null terminator atau (‘/0’), String bisa disimpulkan sebagai sebuah tipe data atau deret simbol yang disebut aray.

Baca Juga : Contoh Program Algoritma Sequential Search di C++ Beserta Penjelasan

Namun bisa menggunakan C-style string sebagai cara memanipulasi string, sedangkan C++ bisa menggunakan C-style dan std:String karena semua fitur dalam bahasa C bisa dipakai dalam C++. Sedangkan std:string bisa dikatakan sebagai evolusi dari C-style. Dengan std:String, Anda bisa melakukan manipulasi deret simbol dengan mudah.

Pendeklarasian Variabel dan Inisialisasi Nilai

Pada C++, pendeklarasian variabel bertipe string atau deret simbol cukup mudah, sama seperti pendeklarasian variabel bertipe int, char, float dan lain-lain. Anda dapat mendeklarasikan variabel bertipe string dengan cara string nama_variabel; Sedangkan untuk C-style harus disertakan berapa perkiraan ukuran maksimal deret simbol yang akan ditampung oleh variabel.

Cara manipulasi string dengan inisialisasi nilai ke dalam variabel bertipe string yaitu terutama untuk std:string bisa dikatakan cukup mudah mudah. Bahkan caranya juga sama seperti inisialisasi nilai ke dalam variabel bertipe int, char dan variabel bertipe lainnya seperti cara dibawah ini:

String nama;

Nama = “Cahyo Nugroho

Berutu”;

Atau jika menggunakan C-style yaitu:

Strcpy(nama, “Cahyo

Nugroho Berutu”);

Baca Juga : Contoh Program Algoritma Quick Sort C++

Menggabungkan dan Membandingkan String

Agar tahu cara manipulasi string maka anda juga harus tahu bagaimana menggabungkan dan membandingkan deret simbol. Dalam std:string, penggabungannya cukup dengan menambahkan tanda ‘+’ sama seperti penambahan 2 bilangan, misalnya saja ada dua variabel bertipe str1 dan str2, maka anda bisa membuatnya menjadi:

str_temp = str1 + str2;

Sedangkan membandingkan menggunakan std:string maka anda bisa membandingkan dua buah deret simbol sama seperti data lainnya yaitu bool stat = (str1 == str2); jika str1 dan str2 mengandung value yang sama maka nantinya start akan bernilai true namun jika salah akan berisi false.

Menghapus dan Me-replace Substring

Cara manipulasi string dengan menghapus deret simbol, Anda bisa menggunakan fungsi dari eraser yang memerlukan 2 parameter. Parameter pertama yaitu posisi deret simbol yang ingin anda hapus lalu parameter ke-2 yaitu panjang deret simbol yang ingin anda hapus. Bagaimana jika ingin mengganti substring dalam sebuah deret simbol?

Menggunakan C-style maka hal tersebut sulit dilakukan namun jika menggunakan std:string maka anda cukup menggunakan fungsi replace yang membutuhkan 3 buah parameter. beberapa fungsi dan operasi di atas memang sering digunakan sebagai cara manipulasi string dan lebih disarankan menggunakan std:string dibanding C-style string.

Baca Juga : contoh program bubble sort c++ beserta penjelasan

Semoga tutorial yang anaktik.com bagikan bermamfaat bagi anda dan jangan lupa tinggalkan komen anda.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *