Cara Manipulasi Integer

Diposting pada

Sebelum membahas cara manipulasi integer maka anda perlu tahu bahwa tipe data bisa didefinisikan sebagai sifat untuk menentukan jenis data yang tersimpan pada sebuah variabel. Dalam pemrograman java ada banyak tipe data yang bisa digunakan misalnya seperti string, byte, long, float, double dan lain-lain.

Tipe data yang disebutkan di atas memiliki ciri dan fungsi yang berbeda namun di beberapa kasus pada program akan memerlukan tipe data yang berubah-ubah agar output sesuai dengan keinginan. Kendala yang biasanya terjadi adalah tipe data integer nilainya tidak bisa disimpan pada variabel bertipe data string atau sebaliknya.

Untuk mengatasi hal tersebut maka anda pun harus tahu cara manipulasi integer agar dapat mengkonversi atau mengubah tipe data pada nilai dari sebuah variabel menjadi tipe data lainnya yang diinginkan. Misalnya string ke int, int ke string atau double ke int dan sebagainya sebagai trik manipulasi.

Pengertian Integer

Sebelum mencari tahu bagaimana cara manipulasi integer maka sebaiknya Anda mengingat definisinya terlebih dahulu. Istilah int, dalam ilmu komputer digunakan untuk merujuk kepada tipe data apapun yang mempresentasikan bilangan bulat, terkadang disebut pula sebagai integral data type dalam pemograman.

Nilai data dari sebuah int merupakan nilai bilangan bulat seperti dalam matematika dan representasi data Ini kurang lebih seperti bagaimana agar nilainya bisa disimpan di dalam memori komputer. Tipe bilangan bulat atau integer bisa dibagi menjadi dua kategori yaitu bertanda dan satunya adalah tidak bertanda.

Bilangan bulat bertanda bisa mempresentasikan nilai bilangan bulat negatif Sedangkan untuk bilangan bulat tak bertanda hanya bisa mempresentasikan bilangan bulat positif. Hal ini penting diketahui sebelum anda mencari tahu cara manipulasi integer dan representasi bilangan bulat positif di dalam komputer sebenarnya adalah untaian dengan sistem bilangan biner.

Konversi atau Cara Manipulasi

Agar lebih mudah maka anda perlu tahu jenis-jenis nama bilangan bulat dalam bahasa pemograman, misalnya seperti tipe data int standar yang digunakan dalam bahasa C adalah tipe data int di mana jangkauan datanya tergantung dari kompilator dan komputer yang digunakan. Ada pula bahasa pascal di mana integer mampu menampung 16 bit data.

Jika anda ingin mengubah string menjadi int maka ada cara manipulasi integer yaitu anda dapat menggunakan fungsi si integer.parselnt () pada Java lalu di dalam parameter tersebut Anda juga bisa menginput variabel atau nilainya secara langsung, bisa juga dengan menggunakan fungsi valueof().

Jika ingin konversi string menjadi integer dan floating point maka programer perlu mengkonversi string menjadi beberapa tipe data yang berbeda seperti byte, short, int, long, float dan double agar lebih mudah. Sebenarnya cara manipulasi integer sangat simple, yang terpenting Anda menguasai seluk-beluk int itu sendiri.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *