Cara Install dan Konfigurasi Software PHP Apache dan MySQL

Cara Install dan Konfigurasi Software PHP Apache dan MySQL

Diposting pada

Di dunia hosting web, tentu tidak asing dengan materi cara install software PHP apache dan juga mysql. Itu karena komponen-komponen pembangun web hosting dengan LAMP stack. Apa dari Anda ada yang belum tahu kepanjangan darri LAMP stack itu sendiri? Itu merupakan kepanjangan dari Linux, Apache, Mysql dan juga PHP.

Semua itu harus ada ketika akan melakukan pengembangan web. Semuanya berperan pada tugasnya masing-masing. Maka dari itu, ketika ingin tahu cara install software mysql yang digunakan sebagai data base, juga jangan lupa dengan softaware dari php apache tersebut. Bila masih bingung, kami di sini akan memberikan langkah-langkahnya untuk Anda.

Ada 2 komponen yang harus didownload sebelum Anda mulai untuk penginstalan. Ia adalah xampp dan juga lamp. Semuanya sudah harus ada sebelum melakukan konfigurasi softwarenya. Informasi lebih jelasnya, akan kami paparkan uraiannya di bawah ini.

Cara Install Software PHP Apache yang Diutamakan

Kenapa kami mengatakan bila penginstalan apache paling diutamakan? Karena dalam membangun web hosting, harus ada web servernya dulu. Lagi pula, penginstalannya bisa dibilang mudah ketika dikonfigurasikan.

Dibandingkan dengan cara install software mysql, memang cara ini lebih diandalkan oleh kebanyakan orang. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Download dulu apache http server yang telah Anda temukan di mesin pencari karena apache sudah menyiapkan sumber pengunduhannya.
  2. Tak lupa pula untuk download php juga pada source yang tersedia.
  3. Setelah melakukan kedua hal di atas, saatnya Anda untuk melakukan penginstalan dengan tahapannya adalah sebagai berikut :
  4. Dimulai dari server root
  5. Server admin
  6. Server name
  7. Berpindah pada document root yang gunanya untuk meletakkan file
  8. Htdocs directory
  9. Rewrite_module
  10. Ifmodule dir_module
  11. Dan tahap terakhir untuk mengubah C:/apache24
  12. Penginstalan pun selesai dilakukan

Baca : Apa Pengertian MYSQL, sejarah, fitur, kelebihan & kekurangannya cara membuat database dan tabel mysql di XAMPP

Siapkan Database dengan Cara Install Mysql

Tahap selanjutnya adalah dengan menginstal database untuk mempersiapkan penyimpanan Anda. Ini dilakukan untuk menyempurnakan hosting dari tahapan di atas. Cara install software mysql sebenarnya juga tidak begitu sulit, inilah langkah-langkahnya :

  1. Untuk melakukan penginstalan, ketikkan perintah seperti, mysqld –initialize-insecure
  2. Jangan lupa untuk mengekstrak folder mysql ke dalam WAMP
  3. Setelah melakukan perintah pada poin satu, buat my.ini di folder mysql
  4. Bila komputer terlalu lambat, pilih konfigurasi yang sesuai saja.
  5. Untuk menginstalnya, kita juga perlu mengetikkan perintah lagi, contohnya adalah mysqld –install MySQL8 –defaults-file=C:\\wamp\\mysql-8.0.17\my.ini
  6. Anda juga bisa menghidupkan dan mematikan mysql sesuai keinginan Anda.
  7. Demi keamanan, bisa langsung mengubah password root mysql dengan mengetikkan perintah mysqladmin -u root password [password Anda]

Baca juga : Pengertian SQL Server fitur serta kelebihan & kekurangan Apa itu SQL Sejarah, fungsi serta contoh sintaksnya

Pada dasarnya, membangun web hosting perlu kesabaran untuk bisa menghadirkan website terbaik. Lakukan setahap demi setahap, kami yakin, baik cara install software PHP apache ataupun mysql bisa dilakukan dengan baik, mudah-mudahan apa yang anaktik.com bagikan kepada anda bermamfaat.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *