apa itu atenuasi, pengertian,penyebab dan cara mengatasinya

Apa Itu Atenuasi Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Atenuasi, Penyebab Hingga Cara Mengatasinya – dalam belajar media transmisi. kita sering mengenal keadaan hilangnya suatu sinyal jika posisi kita jauh dari sumber sinyal, hal itulah yang dinamakan atenuasi

ada berbagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya atenuasi dan tentu saja ada cara mencegahnya, apa saja? mari kita mulai.

Apa Itu Atenuasi pada jaringan komputer

Atenuasi adalah keadaan hilangnya kekuatan sinyal pada sebuah koneksi jaringan komputer. kita dapat memastikan adanya attenuation melalui desible(db) atau tegangan pada sebuah jaringan yang disebabkan oleh banyak faktor.

faktor faktor tersebut menyebabkan sinyal menjadi terdistorsi dan akhirnya tidak terlihat. contohnya saja pada jaringan wifi yang kalian pakai. semakin kalian menjadi dari sumber hotspot maka jaringan wifi semakin melemah hingga akhirnya tidak terdeteksi.

atenuasi tidak hanya dapat terjadi pada jaringan nirkabel, jaringan menggunakan kabel pun bisa terjadi atenuasi. biasanya hal ini dipengaruhi oleh jarak pengiriman, kualitas kabel dan ada atau tidaknya kerusakan pada kabel.

atenuasi dapat terjadi pada semua jenis jaringan, meliputi:

Penyebab Terjadinya Atenuasi pada jaringan komputer

setidaknya ada 3 faktor yang sering menyebabkan terjadinya atenuasi pada jaringan komputer, beberapa diataranya:

Frekuensi dan Noise

Noise adalah suatu keadaan yang dapat menghambat hantaran sinyal, dan hal ini dapat terjadi baik pada jaringan kabel maupun jaringan nirkabel.

Baca juga  Pengertian Baseband dan Broadband ,Perbedaan dan Contohnya

pada jaringan nirkabel noise dapat terjadi karena adanya benda yang menghalangi jaringan untuk melewatinya seperti tembok, papan besi,dll.

sedangkan pada jaringan kabel noise juga dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya:

  • Thermal noise – noise yang disebabkan karena adanya panas
  • CrossTalk – noise yang disebabkan karena kopel kabel yang berdekatan
  • Intermodulation noise – noise yang disebabkan jika memakai medium transmisi bersamaan
  • Impluse noise – noise yang disebabkan adanya medan listrik disekitar

Keadaan sekitar

seperti yang saya jelaskan diatas, atenuasi dapat disebabkan karena adanya noise yang disebabkan oleh benda pengahalang disekitar yang akhirnya menyebabkan terjadinya noise.

selain benda disekitar, keadaan lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh dalam jaringan komputer, misalnya saja faktor kelembapan, suhu sekitar dll.

pada kasus jaringan kabel, suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan kabel menjadi kaku dan akhirnya sulit untuk menghantarkan sinyal.

sedangkan pada suhu yang terlalu tinggi, panas dapat merusak sinyal yang dikirim sehingga rentan terjadi atenuasi.

Jarak

Jarak sangat berpengaruh terhadap terjadinya atenuasi. pada jaringan nirkabel semakin jauh jarak tentunya sinyal yang dihantarkan semakin lemah.

pada jaringan kabel pun sama, setiap kabel memiliki jarak maksimalnya masing masing, contohnya kabel lan yang memiliki jarak maksimal hanya 200 meter, jika lebih dari itu maka sudah bisa dipastikan bahwa jaringan akan mengalamu atenuasi.

Cara mencegah dan mengatasi terjadinya atenuasi

jika jaringan mengalami atenuasi maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, seperti:

Upgrade Spesifikasi Jaringan

cara pertama adalah dengan mengupgrade spesifikasi jaringan, setiap jaringan komputer pasti memiliki beberapa pilihan yang tersedia dengan spesifikasi yang berbeda beda.

misalnya saja jaringan kabel, jaringan kabel sendiri bisa menggunakan lan, kabel coaxial, fiber optic,dll. begitu juga dengan jaringan nirkabel.

Baca juga  cara membuat dfd level 0 dan contoh dfd level 0

jika diketahui bahwa spesifikasi saat ini tidak mencukupi maka kamu bisa mengubah media transmisi jaringan tersebut menjadi media transmisi lain.

baca juga: apa itu media transmisi

Melakukan maintance

tak jarang kerusakan kecil pada sebuah media transmisi dapat menyebabkan terjadinya atenuasi ataupun noise.

contohnya simplenya adalah debu pada router wifi, bukannya tidak mungkin, debu yang menumpuk pada router wifi dapat menyebabkan terhambatnya sinyal.

oleh sebab itu penting bagi kita untuk membersihkan perangkat jaringan secara rutin.

Menggunakan Amplifier atau repeater

jika tidak memungkinkan untuk mengupgrade media transmisi seperti yang dianjurkan pada cara pertama, kamu bisa menggunakan amplifier ataupun repeater untuk memperlebar jarak sinyal.

misalnya saja jika wifi rumah mu tidak dapat masuk ke dalam kamar, maka kamu bisa menggunakan repeater ataupun router ke dua yang dikoneksikan dengan router pertama untuk memperkuat sinyal di dalam kamar mu.

cara ini cukup efektif dan sering digunakan baik pada kasus kecil maupun pada jaringan antar daerah.

itulah yang dapat AnakTik sampaikan mengenai Apa Itu Atenuasi, Penyebab Hingga Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.