Apa Yang Dimaksud Assembly

Apa Yang Dimaksud Assembly

Diposting pada

Mempelajari bahasa pemrograman sudah seharusnya tahu apa yang dimaksud assembly beserta kelebihannya. Assembly sendiri merupakan bahasa pemrograman tingkat rendah namun, setingkat lebih tinggi dibandingkan machine language, Assembly digunakan pada pemrograman komputer dengan memakai kode seperti MOV, MUL, AX, dan lain-lain. Assembly ini juga biasa disebut sebagai bahasa rakitan.

Berbanding terbalik dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mudah dimengerti manusia, assembly justru sulit namun, lebih cepat diproses oleh komputer. Assembly juga tidak mudah dihafal manusia sehingga inilah alasan mengapa bahasa ini disebut tingkat rendah. Apalagi didalamnya terdapat beragam instruksi sulit diingat.

Untuk mengenal lebih dekat apa yang dimaksud assembly, Anda akan diperkenalkan pada beragam operasi. Di antaranya adalah pada operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan juga pada pembagian. Masing-masing operasi ini memiliki beberapa intruksi khusus berupa kode. Kode bisa dikatakan sebagai intruksi sederhana memudahkan Anda mengingatnya.

Operasi yang Ada dalam Assembly

Seperti telah disinggung, assembly ini memiliki banyak sekali operasi. Di antaranya adalah operasi penjumlahan yang terdiri dari intruksi ADD, ADC, dan INC. ADD misalnya berfungsi melakukan penjumlahan nilai tujuan dan asal. Gambaran sederhananya adalah TUJUAN = TUJUAN + ASAL. Begitu juga dengan operasi lainnya tentunya berbeda rumusnya.

Hampir sama dengan operasi penjumlahan, mengenal lebih dalam seputar apa yang dimaksud assembly juga tidak lepas dari pengurangan. Operasi pengurangan ini memuat tiga intruksi yakni SUB, DEC, dan SBB. SUB misalnya ini adalah pengurangan nilai tujuan dengan asalnya. Dan hasil pengurangan ini disebut tujuan. Rumus sederhananya TUJUAN = TUJUAN- ASAL.

Sementara untuk operasi perkalian memiliki satu intruksi yakni MUL. MUL (Multiple) ini berfungsi untuk mengalikan dua buah nilai yang hasilnya disimpan pada register atau tujuan. Untuk operasi pembagian juga sama dengan perkalian di mana hanya memiliki satu intruksi yakni DIV. DIV (Divide) ini memiliki fungsi hampir sama dengan MUL.

Kelebihan Assembly yang Wajib Diketahui Seorang Programmer

Mempelajari apa yang dimaksud assembly beserta seluk beluknya memang sangatlah penting bagi seorang programmer. Bahasa rakitan ini jauh lebih mudah dieksekusi oleh komputer namun, sulit dicerna dan diingat manusia. Meski begitu keberadaan assembly penting dan tidak bisa lepas dari dunia pemrograman khususnya komputer.

Setidaknya ada tiga kelebihan dari assembly itu sendiri. Di antaranya adalah lebih efisien atau hemat memori, ketika di-compile lebih kecil ukuran serta mudahnya dieksekusi oleh komputer. Memang dengan hadirnya beragam operasi pada assembly secara tidak langsung memudahnya manusia untuk mengingat dan mengeksekusi dibandingkan ketika berupa kode angka panjang.

Meski terbilang mudah apalagi dengan hadirnya operasi didalamnya, namun assembly ternyata sulit digunakan untuk pekerjaan berbau matematis. Meski begitu, kehadiran assembly sangatlah membantu di dunia pemrograman komputer. Dan sebagai langkah awal menjadi programmer maka wajib bagi Anda menguasai semua hal termasuk mengerti apa yang dimaksud assembly.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *