Apa Pengertian MYSQL, sejarah, fitur, kelebihan & kekurangannya

2 min read

pengertian mysql

Apa Pengertian MYSQL, sejarah, fitur, kelebihan & kekurangannya – melanjutkan pembahasan kita tentang RDBMS, kali ini anaktik.com akan membahas salah satu RDBMS yang paling terkenal, yaitu Mysql, apa sja fitur yang ditawarkan MYSql? dan apa yang membuatnya menjadi sangat terkenal? mari kita bahas.

Apa Pengertian Mysql

Munkin kalian bertanya apa itu Mysql adalah salah satu relational database management system yang dibuat oleh MYSQL AB, salah satu perusahaan teknologi asal swedia.

MYSQL sendiri memiliki 2 jenis lisensi, yaitu lisensi free software dan Shareware. lisensi free software dapat digunakan oleh semua orang tanpa dipungut biaya. sedangkan lisensi shareware adalah lisensi khusus yang dibuat dan penggunaannya terbatas.

MYSQL sendiri bersifat General Public License itu artinya software ini dapat digunakan oleh semua kalangan, baik dalam project perorangan maupun project suatu perusahaan.

MYSQL menggunakan Structure query language (SQL) Sebagai bahasa untuk mengontrollnya.SQL sendiri sangat mudah untuk dibaca dan dipelajari karena sintaksnya yang mirip seperti bahasa inggris.

dokumentasi pembelajaran tentang MYSQL pun sudah sangat banyak didukung komunitas tanya jawab yang aktif membuat MYSQL sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar.

hal itulah yang membuat mysql menjadi sangat ramah bagi pemula dan berhasil menjadi salah satu RDBMS yang palinhg banyak digunakan.

apa itu RDBMS

Relational Database Management System atau yang biasa disebut RDBMS adalah salah satu jenis sistem manajemen database yang memungkinkan kita untuk mengidentifikasi ataupun mengakses suatu data berdasarkan hubungan relasi antar tablenya.

Dibanding DBMS lainnya, RDBMS memiliki pengguna yang cukup besar, hal itu dikarenakan penggunaannya lebih mudah dibanding jenis lainnya.

selengkapnya tentang RDBMS kamu bisa baca di: pengertian RDBMS

Sejarah MYSQL

pertama kali mysql dibangun pada tahun 1979 oleh seorang programmer komputer asal swedia yang bernama  Michael “Monty” Widenius. saat itu ia mengembangkan sebuah sistem database yang dinamakan UNIREG.

pada tahun 1994 perusahaan tempat Monty bekerja ingin membuat sebuah aplikasi berbasis web dan memelukan database, namun sayangnya UNIREG dianggap tidak cocok untuk database aplikasi website.

selain mencoba UNIREG, monty pun juga mencoba msql (salah satu dbms) dan hasilnya pun juga tidak cocok.

Monty pun mengajak pengembang msql untuk bekerja sama membuat sebuah sistem database yang dapat digunakan dengan baik oeh aplikasi berbasis website, namun sayang ajakan tersebut ditolak.

akhirnya Monty bersama rekannya di perusahaan Tcx akhirnya merancang sebuah sistem database sendiri yang berasal dari gabungan UNIREG dan MSQL sehingga pada bulan may tahun 1995 keluarlah MYSQL.

Monty dan kawan-kawannya mengusulkan kepada Tcx agar MYSQL dibuat menjadi open source dan perusahaan bisa mendapatkan penghasilan dari menjual jasa support untuk perusahaan yang ingin menggunakan MYSQL.

dan pada saat itu perusahaan Tcx mengubah nama menjadi MYSQL AB. ‘AB’ adalah singkatan dari aktiebolag yang memiliki arti sama seperti persero terbatas (PT).

Kelebihan MYSQL

  • MYSQL bersifat General Public License dan Open Source, itu artinya anda dapat menggunakannya secara gratis serta dapat mengubah source code didalamnya tanpa harus takut terkena sanksi.
  • MYSQL mendukung banyak sekali sistem oprasi sehingga anda memiliki kebebasan dalam menggunakannya, selain itu MYSQL juga didukung oleh hampir semua hosting.
  • MYSQL memiliki komunitas yang sangat besar dan dokumentasi yang sangat jelas sehingga anda dapat dengan mudah mempelajarinya, walupun sebelumnya anda tidak mengerti bahasa pemrograman sekalipun.
  • MYSQL memiliki kemanan yang cukup baik tanpa harus mensetting berbagai hal.
  • MYSQL bisa di gabungkan dengan bahasa pemrograman lainnya sehingga anda bisa mengaksesnya melalui PHP ataupun bahasa pemrograman lainnya]
  • MYSQL memiliki system reqruitment yang rendah sehingga anda dapat menggunakannya dengan komputer spesifikasi rendah, berbeda dengan pesaingnya seperti oracle db yang mengharuskan kita menggunakan komputer dengan spesifikasi tinggi.

Kekurangan MYSQL

selain beberapa kelebihan diatas, mysql juga memiliki beberapa kelemahan, beberapa diantaranya:

  • MYSQL buruk dalam mengolah database dengan transaksi data yang sangat cepat, oleh sebab itu ia jarang digunakan untuk keperluan komersial besar seperti sistem perbankan, dll.
  • Mysql buruk untuk penggunaan database mobile dan aplikasi game, karena harus selalu terkoneksi dengan database secara online untuk menggunakannya berbeda dengan SQLite yang dapat digunakan tanpa koneksi keluar.

itulah beberapa hal yang dapat anaktik.com sampaikan mengenai MYSQL, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *