Apa Itu Visual Basic dan Fungsinya

Apa Itu Visual Basic dan Fungsinya

Diposting pada

Anaktik.com – Ulasan mengenai apa itu visual basic dan fungsinya memang menarik untuk disimak. Apalagi untuk Anda yang selalu berhubungan langsung dengan komponen komputer, pastinya tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Baik di sekolah atau di tempat kerja Tentu saja Anda pernah mendengar dan terlibat dengan visual basic.

Jika masih awam dengan istilah tersebut entah karena anda adalah orang baru dalam dunia programer, kami akan membahas secara detail pada artikel kali ini. Apalagi visual basic memang memiliki banyak keistimewaan dan banyak membantu programmer pemula untuk membuat program berbasis Windows.

Pengertian Tentang Visual Basic

Sebelum kami membahas tentang Apa itu visual basic dan fungsinya, anda perlu terlebih dahulu mengenal Microsoft visual basic for application atau VBA yakni sebuah turunan bahasa pemrograman visual basic yang dirilis pada tahun 1993 dan juga dikembangkan oleh Microsoft. VBA tentunya juga bisa mengkustomisasi sebuah aplikasi layaknya yang sudah ada di Microsoft office atau Microsoft visual studio saat ini.

Untuk pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan kompleks dimana perlu dilakukannya secara berulang-ulang. Pada dasarnya visual basic atau VB merupakan sebuah bahasa pemrograman atau perintah-perintah yang dimengerti oleh komputer agar melakukan tugas-tugas tertentu. Bahkan saat ini bahasa pemrograman tersebut wajib dipelajari dan memang menjadi kiblat para software developer.

Visual basic sendiri adalah bahasa pemrograman termudah untuk dimengerti sehingga lebih banyak digunakan bahkan sangat bersahabat untuk para programer pemula. Pemogramannya berbasis Windows di mana dalam tingkat dasar untuk melakukan pemrograman VB sangatlah sederhana namun sangat bermanfaat.

Baca : Pengertian Java dan fungsinya

Apa Saja Fungsinya?

Sudah terjawab apa itu visual basic dan fungsinya sendiri digunakan untuk membuat program berbasis Windows mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks misalnya seperti aplikasi kasir atau perpustakaan dan lain-lain. Untuk membuat aplikasi versi yang lebih sederhana maka Anda harus menguasai bahasa pemrograman C++.

Sedangkan untuk VB yang paling sering digunakan adalah Microsoft visual basic seperti pembahasan di atas yang dirilis tahun 1993 dan dikembangkan oleh Microsoft. Bahkan VB saat ini sudah mencapai versi yang ke-6 dengan beragam keistimewaan selain sederhana dan recommended untuk programer pemula.

Keistimewaan VB adalah menggunakan plafon pembuatan program dan diberi nama developer studio, memiliki kompiler andal yang bisa menghasilkan file executable, memiliki beberapa tambah sarana Wizard baru dan lain-lain. Bahkan memiliki tambahan pada kontrol-kontrol baru yang lebih canggih dan kemampuan lebih dalam membuat activex.

visual basic 6 pun memiliki banyak versi yang ke-3 yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya Misalnya saja standard edition atau learning edition. Pada Standard edition atau learning edition adalah versi paling standar yang sudah mencakup berbagai sarana pemahaman dasar dari VB itu sendiri.

Baca : Pengertian PHP dan Fungsinya

Lalu ada juga professional edition yang akan memberikan berbagai sarana extra terlebih untuk para programer profesional misalnya seperti pada kontrol kontrol tambahan, kompiler untuk membuat sebuah file help dan dukungan untuk pemrograman jaringan internet. Setelah mengetahui apa itu visual basic dan fungsinya, Tentu saja Anda akan lebih tertarik menggunakannya.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *