Apa Itu Bahasa Pemrograman XML

Diposting pada

Dewasa ini banyak orang bertanya, apa itu bahasa pemrograman XML. Tentunya anda sendiri juga memiliki pertanyaan yang sama hingga sampai pada konten kali ini. Sangat penting untuk memahami istilah bahasa pemrograman satu ini karena memang sangat sering digunakan saat ini.

Untuk anda yang masih awam, XML atau Extensible Markup Language ini bisa diartikan sebagai model bahasa markup untuk berbagai kepentingan umum yang sangat disarankan oleh sistem W3C agar dokumen markup anda bisa kompatibel dengan skema pertukaran data intersystem yang begitu variatif di internet.

Secara tidak langsung, kita juga bisa menyebut XML ini sebagai pembaruan dari HTML atau HyperText Markup Language. Dimana HTML ini sendiri merupakan landasan awal atau dasar dari pelacakan di dunia maya.

Apa Itu Bahasa Pemrograman XML

Mengenal XML Lebih Jauh

Untuk anda yang memiliki pertanyaan apa itu bahasa pemrograman XML, sangat pas untuk mengenal XML ini sendiri secara lebih mendalam. Pertama perlu dipahami kalau XML bertujuan agar semua data yang anda miliki bisa diatur dengan mudah dan diproses secara ringkas. 

Jadi bisa dibilang kalau keyword dari XML ini sendiri adalah data atau datum yang akan memberi informasi jika diolah dan dikumpulkan dengan benar. XML ini sendiri memiliki cara yang terstandarisasi dengan baik, namun tetap bisa dirancang sedemikian rupa agar isi dari dokumen yang tampil bisa lebih mudah untuk dipahami.

XML ini sendiri juga terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis pertama adalah XML standar. Ini merupakan tipe XML paling dasar dan menjadi format basic dari struktur berkas yang ada saat ini. Selain XML, ada juga yang disebut dengan XSL. XSL ini bisa digunakan untuk melakukan pembaruan atau modifikasi terhadap data yang pernah anda ekspor atau impor dari luar.

Sedangkan tipe terakhir yang bisa anda temukan saat mendalami apa itu bahasa pemrograman XML adalah XSD. XSD ini terbilang cukup rumit karena berfungsi sebagai alat definisi dari struktur XML dasar yang dibuat sebelumnya. 

Keunggulan XML yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Dibandingkan dengan jenis bahasa pemrograman lainnya, ada beberapa keunggulan dari XML yang mungkin tidak anda ketahui. Salah satunya adalah intelligence atau pintar. Jadi XML ini memang didesain untuk mengatasi berbagai jenis kerumitan struktur data pada internet dan memudahkan anda untuk membacanya.

Selain pintar, XML ini juga memiliki sifat adaptable atau mudah beradaptasi. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran XSXML yang dibuat oleh Microsoft dan MXML yang diciptakan oleh Macromedia. Selain mudah diadaptasi, maintenance XML ini sendiri ternyata sangat mudah untuk dilakukan.

Terlebih lagi penggunaanya juga sangat sederhana dengan tingkat portability yang sangat tinggi. Tak heran kalau kemudian pengguna XML ini semakin banyak saja setiap harinya. Jadi untuk anda yang penasaran akan apa itu bahasa pemrograman XML, semoga penjelasan di atas bisa menjawab rasa penasaran anda.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *