Apa Itu Bahasa Pemrograman Pascal

Apa Itu Bahasa Pemrograman Pascal

Diposting pada

Programmer muda masa kini seringkali bertanya, apa itu bahasa pemrograman Pascal. Tentunya mereka tidak terlalu mengenal bahasa pemrograman satu ini karena penggunaannya memang tidak terlalu ramai seperti dulu. Keberadaan pascal memang sudah mulai tergantikan oleh berbagai jenis bahasa pemrograman modern saat ini.

Namun sebenarnya bukan hal yang buruk kalau anda berencana menggunakan bahasa pemrograman satu ini karena memang manfaatnya masih sangat besar. Anda melakukan maintenance terhadap aplikasi jaman dulu atau mengembangkan aplikasi baru dengan menggunakan bahasa pemrograman satu ini.

Sejarah Bahasa Pemrograman Pascal

Untuk anda yang memiliki pertanyaaan apa itu bahasa pemrograman Pascal, pascal ini mulai dikembangkan pada tahun 1971 lalu. Jadi memang terbilang sangat lama. Pengembangnya sendiri bernama Profesor Niklaus Wirth yang pada saat itu menjabat sebagai salah satu Anggota IFIP atau International Federation of Information Processing.

Nama pascal sendiri diambil dari salah seorang matematikawan dari Prancis bernama Blaise Pascal yang diakui sebagai penemu alat atau mesin penghitung pertama di dunia. Niklaus muda saat itu menciptakan bahasa pascal untuk diajarkan kepada para mahasiswanya. 

Di sisi lain, Niklaus juga ingin memperbaiki atau mengembangkan kekurangan dari segala jenis bahasa pemrograman yang ada pada jamannya. Inilah sejarah yang harus dipahami oleh anda yang sedang mencari apa itu bahasa pemrograman Pascal.

Kelebihan dari Pascal yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

Jarang orang tahu, ternyata bahasa pemrograman pascal ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis bahasa pemrograman lainnya. Salah satu kelebihannya adalah tipe datanya yang sangat standar. Pascal memiliki beberapa tipe data standar yang mungkin tidak anda ketahui.

Tipe pertama adalah boolean, real, integer, sting, char, string, dan lain-lain. Disebut sebagai tipeĀ 

User defined Data, seluruh ahli program bisa menciptakan berbagai jenis tipe lain dari setiap varian data yang kami sebutkan di atas.

Selain itu, ternyata pascal ini juga memiliki sifat Strongly-typed. Jadi setiap programmer yang sedang menggunakan bahasa satu ini harus terbiasa dalam melakukan penentuan data variabel. Tipe data tersebut juga harus disesuaikan dengan format yang dipilih.

Untuk anda yang sedang mencari apa itu bahasa pemrograman Pascal, perlu dipahami juga kalau bahasa program ini memiliki sistem yang terstruktur. Sintaks yang ada di dalamnya bisa digunakan oleh para programmer secara maksimal dan bisa dipecah menjadi fungsi yang lebih minimal.

Tipe Data Pascal yang Variatif

Selain beberapa kelebihan yang sudah kami sampaikan di atas, ternyata bahasa pemrograman pascal ini juga memiliki tipe data yang sangat variatif. Sejauh ini ada beberapa jenis tipe data pascal yang bisa anda jadikan sebagai konstanta maupun variabel.

Contoh tipe data tersebut adalah BYTE yang berkisar antara 0 sampai 255, INTEGER yang berkisar dari 32768 sampai 32767, REAL di kisaran 1E-38 sampai 1E+38, BOOLEAN dengan nilai FALSE dan TRUE, Char untuk seluruh ASCII table character, String, dan frasa.

Tentunya masih banyak informasi tentang bahasa pemrograman lainnya yang bermanfaat dan kami sampaikan pada kesempatan lainnya. Namun beberapa penjelasan di atas diharapkan bisa menjawab rasa penasaran anda terkait dunia programer yang sangat populer di masa lalu.

Gambar Gravatar
Pusatnya pengetahuan Teknik Informatika dan Pengetahuan Lainya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *