Contoh Program Algoritma Sequential Search di C++ Beserta Penjelasan

1 min read

c++

Contoh Program Algoritma Sequential Search di C++ Beserta Penjelasan – sequential search ataupun Linier Search merupakan algoritma pencarian dasar yang sering kita jumpai. algoritma ini sangat cocok digunakan bila data tidak terlalu banyak dan valuenya tidak terurut. apa saja kelebihan dan kekurangan algoritma ini? mari kita bahas.

Pengertian Algoritma Sequential Search

Algoritma sequential search adalah algoritma yang searching yang paling sederhana, dimana kita akan mencari sebuah nilai dari dalam list dengan cara membandingkannya satu per satu dari index ke 0 sampai index ke n.

Algoritma ini merupakan algoritma dasar yang diajarkan oleh dosen/guru namun sering diterapkan dalam penggunaan sehari-hari.

Untuk menjalankan algoritma ini kita hanya memerlukan 2 hal, yaitu Array target dan data key yang ingin dicari.

Algoritma ini cukup fleksible, dimana kita tidak hanya bisa mencari angka (integer). namun kita bisa mencari integer, float, ataupun tipe data lainnya.

dalam kasus integer, angka yang ada di dalam list pun tidak perlu dilakukan sorting terlebih dahulu layaknya algoritma binary search.

baca juga: contoh program algoritma binary search di c++

Penjelasan Algoritma Sequential Search

anggap saja kita memiliki array seperti ini:

langkah pertama adalah menentukan data apa yang akan dicari, biasanya user akan menginputkan data yang akan dicari, dalam kasus ini, anggap saja kita ingin mencari angka 7.

setelah itu barulah kita memulai proses searching yang dimulai dari array index ke 0.

apakah value dari array index ke 0 (1) sama dengan 7? ternyata tidak, jadi kita akan lanjutkan ke index berikutnya.

apakah value dari array index ke 1 (9) sama dengan 7? teryata tidak, jadi kita lanjut kembali ke index berikutnya.

apakah value dari array index ke 2 (7) sama dengan 7? iya, maka sampai disini kamu bisa memilih untuk melanjutkan looping dan menghitung ada berapa angka 7 di dalam list atau keluar dari looping dan menyatakan bahwa angka 7 telah ditemukan.

baca juga: Contoh program algoritma bubble sort di c++

Contoh Progam Sequential Search di C++

Penjelasan

Line 4-15 : function Algoritma Sequential Search dimana kita akan mereturn sebuah angka yang berasal dari index data yang dicari, namun jika tidak ketemu, maka kita akan mereturn angka -1 yang menandakan angka tidak ditemukan.

Line 19-30 : Disini kita akan menyiapkan array target, dimana user akan menginputkan size dari array tersebut, lalu kita akan membuat variable array dengan panjang size yang telah ditentukan, kemudian user akan mengisi value dari setiap index array.

Line 32-33 : Disini user memberikan input data apa yang akan dicari.

Line 35 : Disini kita akan menjalankan function sequential search dengan 3 parameter yaitu: array, size of array, dan data yang akan dicari. Selain itu kita juga akan menampung return dari function tersebut kedalam variable index.

Line 36-43 : Disini kita akan mengecek variable index, jika hasilnya -1, maka data tidak ditemukan, namun jika hasilnya selain -1 berarti dataditemukan.

Output

contoh program algoritma sequential search

Kelebihan Algoritma Sequential Search

  • Simple
  • Mudah diterapkan karena data tidak perlu di sort terlebih dahulu

Kekurangan Algoritma Sequential Search

  • Worst Case yang buruk, terlebih lagi jika data yang dicari banyak.

itulah beberapa hal yang dapat anaktik sampaikan mengenai Contoh Program Sequential Search, kamu juga bisa melihat contoh algoritma lain menggunakan bahasa c++ disini. semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *